Memaksimalkan Performa CPU Untuk Hasil Gaming Lebih Berkualitas

CPU atau juga sering disebut dengan prosesor merupakan otak dari lalu lintas data pada komputer. Oleh karena itu, performa pada prosesor sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sistem. Penggunaan suatu aplikasi yang banyak menyedot resoource atau menjalankan berapa aplikasi secara bersamaan dapat mengakibatkan resource pada prosesor menjadi habis.

Aplikasi-aplikasi berikut dapat digunakan untuk mengontrol, memonitor hingga membuat resource pada prosesor tetap terjaga sehingga sistem tetap dapat menyediakan ruang untuk bekerja suatu aplikasi atau aplikasi lain yang hendak dijalankan.

CPU Balance
Aplikasi ringan ini berfungsi untuk memonitor dan mencegah proses yang berjalan yang akan menghabiskan resource pada prosesor sehingga sistem masih dapat merespon pesan dari proses yang lain. Semua aplikasi yang jalan akan dicatat dari waktu dijalankan dan status prioritas pada proses. Apabila Anda sering menjalankan beberapa aplikasi tanpa menutupnya, CPUBalance dapat diandalkan untuk menjaga resource tetap terjaga. Anda dapat memanfaatkan pengaturan dasar untuk langsung menggunakan aplikas ini.

Project Mercury
Apabila Anda memiliki ON THE DISCIntroduction komputer dengan spesifikasi komponen yang rendah, menjalankan aplikasi yang cukup menyita resource dapat menjadi masalah. kKtika menjalankan suatu aplikasi, Projecy Mercury akan secara otomatis mengatur prioritas dari proses tersebut lebih tinggi sehingga sistem akan mengutamakan aplikasi yang Anda jalankan. Bagusnya, ketika Anda me-minimize aplikasi tersebut, prioritas dari proses dapat diatur agar turun. Tersedia pilihan profil seperti MultiTasking, Gamer, Server dan lainnya untuk mempermudah Anda mengkonfigurasikan aplikasi ini.

CPU Control
Meskipun berukuran tidak sampai 1 MB, aplikasi ini didesain untuk meningkatkan performa dari sistem yang multi-core dan membagi proses untuk berjalan di prosesor yang berbeda. Penggunaan aplikasi ini relatif mudah. Tersedia daftar proses yang aktif beserta pilihan mode yang dapat Anda pilih untuk menentukan di proser mana proses tersebut dapat berjalan. Anda dapat memilih mode Auto untuk mengizinkan sistem mengatur penggunaan prosesor secara otomatis untuk semua proses atau memilih Mode Manual agar Anda dapat mengatur sendiri.

Anda dapat dengan cepat menonaktifkan fitur parking atau tidur pada CPU tanpa perlu melakukan reboot pada sistem. Tersedia mode Power Saver, High Performace hingga Bitsum Highest Performace untuk performa maksimal. Apabila Anda memerlukan performa secara terus menerus ketika menjalankan aplikasi atau bermain game yang memang membutuhkan resource banyak, ParkControl dapat mengatur agar prosesor tetap aktif memproses semua pesan di dalam sistem.

Empat software yang saya infokan diatas merupakan software gratis yang dapat digunakan untuk memaksimalkan keja CPU dan memiliki performa tinggi meskipun software ini gratis. Saya sendiri orang yang suka main game poker dan sebelum memulai permainan idn poker online selalu saya pastikan dulu prosesor komputer dapat bekerja dengan maksimal agar saya lebih enak saat main poker di komputer.