4 Kelebihan Menginap di Homestay

Pada umumnya liburan tentu tidak lepas dari yang namanya tempat untuk menginap sementara selama sedang berlibur, biasanya masyarakat akan menjatuhkan pilihan menginap di hotel atau bahkan dirumah kerabat agar menghemat biaya liburan, akan tetapi tahukah anda bahwa banyak alternatif tempat menginap selain hotel yang murah dan nyaman?

salah satunya adalah homestay,apa itu homestay ? homestay adalah rumah yang sengaja disewakan oleh pemiliknya sebagai tempat menginap sementara bagi orang yang berkunjung ke suatu kota, biasanya tempatnya seperti layaknya rumah biasa.

Seperti kota wisata seperti jogja sekarang ini ini permintaan akan homestay jogja murah sekarang ingin semakin meningkat, membuat perkembangan homestay di kota ini kian menjamur, agar tidak salah dalam memilih homestay berikut ini beberapa tips singkat memilih homestay.

Jadi apa Kelebihan dari menginap di homestay ?

1. Harga Yang Lebih Murah

karena layaknya seperti rumah biasa,maka menyewa homestay bisa dibilang lebih murah daripada kita menginap di hotel, apalagi jika kita rombongan lebih dari 4 orang, menginap di homestay akan jauh lebih hemat dibandingkan menginap di hotel,kapasitas homestay biasanya dari 4 orang hingga 30 orang,tergantung seberapa besar rumah yang dijadikan homestay.

2. Fasilitas yang lengkap

Pada umumnya rumah yang dijadikan homestay memiliki fasilitas yang lumayan komplit,seperti layaknya rumah pada umumnya,fasilitas standar homestay biasanya adalah, garasi,ruang tamu,ruang makan & tv,kamar tidur,kamar mandi, Dapur, untuk fasilitas dapur biasanya pemilik homestay sudah menyiapkan fasilitas yang komplit untuk memasak, seperti kompor & gas, peralatan masak,dispenser & air mineral,kulkas.

Sebagai tambahan jika tidak tertulis pada keterangan fasilitas homestay mungkin anda bisa menanyakan beberapa fasilitas seperti wifi, peralatan mandi, dan sarapan, beberapa homestay biasanya memberikan free breakfast/sarapan untuk tamu yang menginap.

Beberapa homestay terdapat fasilitas kolam renang, jika anda memilih homestay dengan fasilitas kolam renang,tanyakan juga apakah kolam renang itu bisa digunakan, karena banyak homestay yang mempunyai fasilitas kolam renang namun tidak bisa dipakai karena biaya operasional yang tinggi.

3. Kapasitas yang lebih banyak

Walaupun terkadang pada sebuah homestay tertulis kapasitas untuk 6 orang, pemilik homestay biasanya memperbolehkan tamu lebih dari jumlah yang di anjurkan oleh pemilik homestay, untuk hal ini ada pemilik homestay yang menerapkan tambahan biaya ada yang gratis, untuk tambahan biaya biasanya di ikuti dengan fasilitas penambahan bed.

4. Waktu lebih fleksibel

Dengan memilih menginap di homestay waktu untuk chek in dan cek out biasanya lebih fleksibel tidak seketat di hotel.

Salah satu faktor yang harus di perhatikan ketika kita akan memutuskan ingin menginap di homestay adalah, pertimbangan lokasi dari homestay itu sendiri, pilihlah lokasi homestay yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, terutama jika anda tidak membawa kendaraan sendiri, memilih homestay harga murah tapi dari jauh pusat kota, akan memakan biaya tambahan untuk transportasi seperti taksi atau ojek online, kemudian pertimbangkanlah memilih homestay yang dekat dengan fasilitas umum seperti minimarket atau pasar, terutama jika anda memilih homestay agar bisa memasak makanan sendiri.

Jika memungkinkan anda bisa browsing dahulu di internet mengenai review dari homestay yang akan anda pilih, apakah ulasan/reviewnya bagus atau jelek, sehingga nantinya anda akan nyaman ketika tinggal di homestay tersebut.

Demikian beberapa tips jika anda ingin memilih homestay sebagai tempat menginap selama berlibur, pastikan anda memesan homestay jauh hari jika ingin berlibur di waktu long weekend, karena biasanya mencari homestay mendekati liburan sangat susah dan biasanya harganya sudah melambung tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *