Gitar Akustik, Beli Bekas Aja

Anda dapat membeli gitar akustik bekas dengan harga mulai dari 1 juta-an hingga puluhan juta rupiah. Tujuan kamu membeli sebuah gitar adalah kunci dalam memutuskan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Sebagai contoh, seorang siswa yang baru belajar akord dan materi dasar mungkin cocok dengan gitar yang harganya hanya 2 jutaan. Namun, pemain semi-profesional mungkin perlu menghabiskan 7 juta, 10 juta atau bahkan lebih untuk sebuah gitar yang ditujukan untuk pentas live.

Pada level berikutnya, musisi profesional yang sering rekaman dan tampil live mungkin rela menginvestasikan 30 juta untuk gitar dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa gitar bahkan memiliki harga fantastis, terutama jika instrumen tersebut dibuat khusus untuk individu atau dibuat oleh perusahaan sebagai seri terbatas. Gitar akustik elektrik dengan merek Gibson mungkin masuk dalam kategori terakhir tadi.

 gitar akustik

Ada beberapa detail yang harus diperhatikan ketika ingin membeli gitar akustik bekas. Selain mencari gitar dengan harga yang terjangkau, pemain harus memilih gitar yang belum pernah rusak dan diperbaiki. Pengecualian untuk hal ini mungkin gitar vintage atau custom yang merupakan barang kolektor. Idealnya, kamu harus mencari gitar akustik bekas dalam kondisi sangat baik. Kendati demikian, beberapa goresan atau cacat kecil yang tidak memengaruhi kualitas suara dapat ditoleransi.

Sebelum membayar, kamu perlu mencoba gitar yang kamu inginkan. Gitar harus nyaman dipegang dalam posisi berdiri dan duduk. Selain itu, suaranya harus penuh dengan beberapa getaran string yang berlanjut saat dipetik. Salah satu fitur yang seharusnya tidak menjadi masalah dengan gitar akustik elektrik Gibson adalah panjang tali neck. Instrumen dari perusahaan klasik ini cenderung membuat instrumen berkualitas tinggi dan mudah dimainkan.

Beberapa pemain gitar yang tidak berpengalaman seringkali mengabaikan satu elemen penting dari gitar akustik. Bridge pada gitar yang layak beli harus tidak menunjukkan tanda-tanda akan copot. Selain itu, jarak senar dan peg harus seragam. Saddle dan senar harus memiliki jarak yang memadai dari bridge itu sendiri (tapi tidak terlalu tinggi!).

Beberapa detail lain yang harus dicari: senar harus kencang dan kokoh di head; harus ada keausan minimum di fret; bodi seharusnya tidak memiliki retak. Beberapa menit tambahan dengan mencoba masing-masing gitar akustik akan membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana ketika saatnya untuk mengeluarkan uang.

Sumber: Melodiamusik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *