Pengertian Rambut Rontok dan Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok pasti banyak dicari oleh masyarakat bukan? Rambut rontok sendiri memang menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada seseorang bahkan siapapun berisiko untuk terkena rambut rontok. Nah, rambut rontok ini sendiri merupakan lepasnya rambut secara berlebihan. kondisi seperti ini biasanya bisa mengakibatkan kebotakan baik itu permanen maupun sementara.

Jumlah rambut rontok yang bisa lepas tersebut bisa mencapai sekitar 100 helai untuk setiap harinya. Hal ini mungkin cukup normal. Mengingat terdapat rambut yang tumbuh kembali setiap harinya. Ada beberapa penyebab rambut rontok yang bisa memicu kerontokan secara berlebihan ini. Seperti diakibatkan oleh penyakit ataupun karena pola makan yang tidak sehat.

Gejala rambut rontok dan penyebabnya

Rambut rontok ini sendiri biasanya diawali dengan gejala adanya penipisan rambut. Penipisan ini sendiri biasa terjadi secara tiba-tiba maupun secara bertahap. Kerontokan rambut ini sendiri pun juga bisa terjadi pada kulit kepala maupun di seluruh tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila gejala ini bisa berlangsung permanen maupun seumur hidup.

Penanganan pada rambut rontok ini sendiri biasanya juga berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini tidak lain karena penanganan tersebut akan disesuaikan dengan penyebab rambut rontok. Untuk anda yang penasaran apa penyebab rambut rontok tersebut, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Faktor keturunan

Penyebab rambut rontok yang pertama mungkin diakibatkan karena factor genetic. Ini menjadi penyebab yang paling umum terjadi pada seseorang. Gen ini sendiri bisa diturunkan oleh salah satu pihak orang tua. Kendati demikian, risikonya akan semakin besar apabila kedua orang tua mempunyai masalah pada kerontokan rambut.

Seorang wanita yang mengalami penipisan rambut akibat genetic biasanya akan menemukan adanya penipisan rambut pada area garis rambut. Kendati demikian, kondisi ini sebenarnya paling umum terjadi pada seseorang usia 50-60 tahun.

Kekurangan vitamin B

Kekurangan vitamin B ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Kendati demikian, penyebab kerontokan pada rambut yang satu ini masih cukup mudah untuk ditangani. Dimana caranya adalah anda bisa lebih rutin untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B dan mengubah menu makanan dengan kandungan vitamin B lebih banyak.

Kekurangan protein

Penyebab kerontokan pada rambut yang berikutnya mungkin juga diakibatkan karena kekurangan protein. Terlebih lagi untuk anda yang tengah menjalani diet rendah protein. Biasanya ini akan terlihat apabila anda sudah mengurangi konsumsi protein selama 2-3 bulan.

Gangguan kelenjar tiroid

Gangguan kelenjar tiroid ternyata juga menjadi penyebab kerontokan pada rambut berikutnya. Ini disebabkan karena kelenjar tersebut tidak bisa bekerja secara optimal dalam memproduksi hormone yang berkaitan dengan metabolism, perkembangan tubuh dan pertumbuhan.

Demikian beberapa penyebab rambut rontok yang mesti anda waspadai. Tak bisa dipungkiri apabila rambut rontok ini sendiri bisa menjadi salah satu hal yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat karena akan menurunkan kepercayaan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *