3 Manfaat Musik yang Luar Biasa

Mendengarkan musik yang disukai tidak melulu membuat anda terhibur. Berdasarkan penjelasan dari hasil penelitian, guna memperhatikan musik secara tidak sadar dapat merubah mood bahkan pun menolong kita lebih berkonsentrasi. Manfaat musik juga dapat memberikan efek pada sebanyak bagian otak, yang bertanggung jawab bersangkutan memori dan penglihatan. Di samping menghibur dan menyenangkan, berikut merupakan manfaat menakjubkan yang terbukti secara ilmiah dari menyimak musik.

  1. Mengurangi rasa sakit

Manfaat musik dapat mengurangi rasa sakit, melalui pelepasan endorfin (hormon penghilang rasa sakit). Dengan menyimak lagu kesukaan, saya dan anda bisa memindahkan perhatian dari rasa sakit dan menggarap relaksasi.

  • Meningkatkan stamina saat olahraga

Musik bisa pengaruhi mood Anda, terutama ketika sedang berolahraga. Jika anda memainkan musik dengan tempo lambat, secara otomatis pun bakal memengaruhi stamina, tempo dan kecepatan Anda saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin tidak tidak banyak terbakar karena tubuh akan otomatis bergerak lebih cepat.

Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

Mendengarkan perkusi tertentu sebetulnya dapat menolong kita berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa untuk musik bisa menolong menambah daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi sekitar 1-2 persen.

  • Meningkatkan suasana hati (mood)

Reaksi orang saat memperhatikan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa guna memperhatikan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin.

“Otak sangat rumit – terdapat tidak tidak banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang – tidak mengherankan bila ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin terkaitdengan perasaan senang,” kata Bridget O’Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

Sementaa itu, sebuah penelitian di Belanda mengejar bahwa menyimak musik dapat secara positif memengaruhi suasana hati saat mengemudi, yang dapat mengarah pada perilaku yang lebih aman daripada tidak menyimak musik. Bila merasa putus harapan karena lantas lintas macet, putarlah musik guna menambah situasi benak Anda. Cara ini tidak akan merusak kinerja mengemudi anda – bahkan dapat membantu mengemudi lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *