Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Wajib Dicoba!

Hii guys! Pada kesempatan kali ini aku bakal kasih tau tips menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak mudah membusuk.

Pada hari raya idul adha, pasti nya kita semua sebagai umat muslim akan melakukan penyembelihan hewan kurban. Ada beberapa orang berkecukupan yang akan memberikan sebagian harta nya untuk disumbangkan dan digunakan dalam membeli hewan kurban ini.

Pasti nya kita semua akan mendapatkan jatah daging kurban yang dibagikan oleh panitia daging kurban. Meskipun kita tidak ikut memberikan iuran sebagian dari harta yang kita miliki untuk membeli hewan kurban.

Tetapi kita akan tetap mendapatkan sebagian jatah dari panitia penyelenggara daging kurban tersebut, waww begitu adil bukan?

Kemudian diantara kalian semua pasti ada yang akan langsung mengolah daging yang didapat tersebut untuk di jadikan beberapa menu makanan di rumah.

Tetapi pasti ada juga yang akan menyimpannya di dalam kulkas terlebih dahulu dan akan mengolahnya di kemudian hari jika sudah siap untuk mengolahnya.

Banyak dari kalian yang mungkin tidak tahu cara menyimpan daging kurban dengan baik dan benar, kemudian kalian akan menyimpan daging tersebut dengan cara yang salah.

Jika kalian menyimpan daging kurban tidak sesuai dengan aturan yang sudah ada. Hal tersebut justru akan membuat daging kurban yang kalian simpan menjadi cepat membusuk. Dan lebih parahnya lagi hal tersebut akan membuat daging kurban tidak sehat jika dikonsumsi.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk menyimpan daging kurban di dalam kulkas agar tetap awet dan tidak mudah busuk.

Sebelum kita membahas tentang tips menyimpan daging kurban di kulkas, yukk kita simak penjelasan berikut ini mengenai daging sapi.

Daging Sapi

Daging sapi atau dalam bahasa inggris biasa disebut dengan beef yaitu merupakan daging yang di peroleh dari daging sapi yang biasa dan umum di gunakan untuk keperluan konsumsi makanan pada kehidupan sehari hari.

Di setiap daerah, penggunaan daging sapi ini dapat digunakan secara berbeda beda tergantung dengan cara pengolahan pada daerah tersebut.

Lalu apa saja contohnya? Yaa contoh nya adalah has luar, daging iga, dan juga T-Bone. Contoh tersebut sangat umum digunakan di Eropa dan juga Amerika Serikat sebagai bahan untuk pembuatan steak sehingga di sana daging sapi ini sangat banyak untuk di perdagangkan atau di perjual belikan.

Akan tetapi, seperti di Indonesia dan di berbagai negara di Asia yang lain nya, daging sapi ini banyak digunakan untuk makanan yang dimasak dengan berbumbu atau bersantan seperti contoh nya adalah sup konro dan juga rendang. Waww terdengar lezat sekali bukan..

Selain itu, ada juga beberapa bagian dari daging sapi yang lain nya seperti lidah, hati, hidung, jeroan, dan bahkan buntut yang hanya di gunakan di berbagai negara tertentu saja sebagai bahan dasar pada pembuatan suatu menu makanan.

Daging sapi yang sudah di-trimming atau dihilangkan bagian lemak nya akan mengandung banyak sekali zat gizi di dalam nya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan juga merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh.

Zat Gizi pada Daging Sapi

Daging sapi mempunyai kandungan nilai biologis yang tinggi, high digestible 94%, sumber omega 3 ratai panjang (DHA, EPA dan juga DPA), lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi (dapat terserap dengan cepat dan juga baik dibandingkan zat besi dari pangan nabati), seng, fosforus, seleniu, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, dan juga memiliki kadar komposisi kolesterol yang sangat sesuai bagi tubuh manusia.

Selain dari zat gizi yang sudah dijelaskan di atas, daging tanpa lemak juga kaya akan sumber antioksidan dan juga senyawa bioaktif seperti taurin, karnitin, CLA atau Conjugated Linoleic Acid, carnosin, gluthathione, kreatin, dan juga kolin.

Dah yukk ahh dari pada kelamaan, langsung simak aja yukk tips menyimpan daging kurban di dalam kulkas atau freezer yang baik dan juga benar, agar daging kurban (baik daging sapi atau daging kambing) yang akan kalian simpan dapat tetap awet dan juga tidak mudah busuk! Lets goo…

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tetap Awet

1. Pisahkan Antara Daging Dengan Jeroan nya

Cara menyimpan daging kurban yang pertama adalah dengan memisahkan sesuai dengan jenisnya yaitu antara daging dengan jeroan nya. Simpan daging dan juga jeroan di dalam wadah yang terpisah.

Dan disarankan untuk menyimpan nya di dalam kulkas atau di freezer yang berbeda.

Apakah hal tersebut harus di lakukan? Dan juga apa manfaat nya jika daging dengan jeroan apabila di simpan dalam kulkas atau freezer yang berbeda?

Nahh ini merupakan pertanyaan yang menarik. Jadi hal ini dilakukan untuk menghindari sesuatu hal akan terjadi, yaitu terjadinya kontaminasi silang. Kalian harus sangat berhati-hati terhadap jeroan. Karena jeroan lebih mudah rusak dibandingkan dengan daging.

2. Jangan Mencuci Daging Sebelum di Simpan dalam Kulkas

Pasti kalian sering mendengar barita bahwa sebelum kalian menyimpan suatu makanan, maka kalian harus mencuci makanan tersebut terlebih dahulu agar makanan yang kalian simpan terhindar dari bakteri.

Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk daging. Karena jka kalian mencuci daging sebelum di simpan, maka hal tersebut akan meningkatkan kadar air yang ada di dalam daging.

Selain dapat meningkatkan kadar air yang ada didalam daging. Mencuci daging sebelum di simpan juga dapat berpotensi menyebabkan daging tersebut terpapar oleh mikroba.

Maka dari itu, sebaiknya kalian langsung simpan saja daging tersebut dan jangan mencucinya sebelum di simpan di dalam kulkas.

3. Potong Daging Terlebih Dahulu Sesuai dengan Takaran Perporsi

Sebaiknya kalian memotong daging yang akan disimpan menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Jika sudah di potong, simpan daging yang sudah di potong tersebut ke dalam beberapa wadah yang berbeda.

Mengapa harus demikian? Karena jika kalian menyimpan daging yang sudah dipotong di dalam beberapa wadah yang berbeda, maka kalian hanya perlu mengambil satu wadah saja untuk satu kali masak.

Hal itu bertujuan agar daging yang berad diwadah lain nya akan tetap terjaga kesegarannya.

4. Simpan Daging di Dalam Wadah yang Bersih

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, bahwa kalian dapat menyimpan daging di dalam wadah yang tertutup. Tetapi kalian juga harus tetap memperhatikan wadah yang akan kalian gunakan nantinya.

Kalian harus menggunakan wadah yang bersih dan juga berada dalam keadaan yang masih bagus, agar wadah yang kalian gunakan bisa tertutup dengan rapat.

Dengan menggunakan wadah yang tepat, maka hal tersebut dapat membuat daging tetap terjaga kebersihan nya. Wadah yang baik juga dapat mencegah cairan yang terdapat pada daging mentah akan mengenai bahan makanan lain yang berada di dalam kulkas.

5. Perhatikan Kondisi Kulkas atau Freezer yang Akan Digunakan

Selain dengan memperhatikan wadah yang akan kalian gunakan untuk menyimpan daging. Kalian juga harus memperhatikan situasi dan kondisi pada kulkas atau freezer yang kalian gunakan.

Pastikan kulkas yang kalian gunakan untuk menyimpan daging berada dalam keadaan yang bersih. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan bagian sudut pada kulkas jangan sampai ada bagian yang kotor.

Karena, jika kulkas yang kalian gunakan itu berada dalam kondisi yang kotor. Maka bakteri yang terdapat dalam kulkas tersebut akan mengontaminasi daging. Sehingga daging yang kalian simpan akan lebih cepat membusuk dan tidak tahan lama.

6. Simpan Daging Menggunakan Plastik Kedap Udara

Selain dengan menggunakan wadah yang bersih, kalian juga bisa menggunakan plastik khusus yang kedap udara. Tetapi kalian tidak boleh sembarangan dalam menggunakan plastik.

Disarankan bagi anda untuk menggunakan plastik vacuum. Maka dari itu kalian dapat menggunakan mesin vacuum sealer untuk memvacuum plastik yang kalian gunakan tersebut dan membuat nya menjadi kedap udara.

7. Beri Label Tanggal Penyimpanan pada Setiap Wadah

Jika kalian memiliki stok daging yang cukup banyak. Maka sebaiknya kalian tempelkan label tanggal penyimpanan pada setiap wadah yang kalian gunakan untuk menyimpan daging tersebut.

Dengan menempelkan label tanggal penyimpanan akan berfungsi sebagai pengingat, sehingga kalian bisa mengontrol waktu kadaluwarsa daging pada masing-masing wadah.

Jika kalian mengatur suhu kulkas di bawah 4 derajat celcius, maka daging yang kalian simpan hanya dapat bertahan sekitar 4 hingga 5 hari lamanya.

Sedangkan jika kalian ingin menyimpan nya dalam waktu yang lebih lama, maka kalian bisa menyimpan nya di dalam freezer dengan suhu di bawah -10 derajat celcius, maka daging yang kalian simpan dapat bertahan lebih lama yaitu sekitar 4 hingga 12 bulan, tetapi hal tersebut tergantung dengan kondisi daging yang kalian simpan.

8. Hindari Memasukkan Kembali Daging yang Sudah Tidak Beku ke Dalam Freezer

Jika kalian sudah mengeluarkan daging beku dari dalam freezer dan kemudian kondisi suhu nya sudah cair, maka sebaiknya daging tersebut jangan dimasukkan kembali di dalam freezer.

Karena hal ini dapat menyebabkan mikroba akan muncul lebih banyak dan akan membuat daging menjadi lebih cepat membusuk dan menjadi tidak tahan lama.

Nahh itulah tips menyimpan daging di kulkas dengan benar, supaya kualitas daging yang akan kalian simpan tetap terjaga kualitasnya dan juga tidak mudah membusuk.

Yukk, coba kalian terapkan tips ini supaya daging kalian dapat tetap terjaga kualitasnya dan semoga kalian berhasil dalam menjalankan tips diatas.

Oiya jika kalian ingin tau tipsmenyimpan daging kurban yang lain nya, maka kalian bisa cek pada artikel yang sebelum nya sudah saya buat. Yaitu Cara Menyimpan Daging Kurban yaaa.

Semoga artikel diatas dapat bermafaat bagi kalian semua!

Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *