Resep Japanese Souffle Pancake Yang Super Lembut Dan Fluffy

      Resep japanese souffle pancake – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Naso goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Bukan guys, jadi hari ini saya mau bikin semacam pie ya bukan nasi lagi. Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep japanese souffle pancake yang super lembut dan fluffy.

Kalian udah tahu belum apa itu pancake ? Agak asing sih di telinga kita ya kan, kalau begitu gimana kalau kita bahas dulu pengertian dan asal usul dari pancake ?

Oke kalau begitu sebelum ke resep japanese souffle pancake yang super lembut dan fluffy, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu pancake dan asal usul dari pancake .

Apa Itu Pancake ?

Pancake atau panekuk adalah pai yang dibuat dengan susu, gula, dan telur ayam. Kemudian semua bahan dicampur dengan air sampai adonan mengental lalu goreng dalam wajan pipih yang diolesi margarin atau minyak.
Setelah matang, bisa disajikan panas atau dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega, sirup maple, selai atau madu. Selain itu, pancake sering disantap dengan keju, beri, dan steak (bacon atau ham).
Adonan biasanya dicampur dengan baking powder, baking soda, ragi, bir, atau putih telur kocok. Pai yang enak biasanya “ringan” karena adonan mengandung udara.
Jangan membalik terlalu banyak adonan agar kue tidak lengket. Saat menuang campuran, letakkan wajan panas di atas handuk atau kain lap basah.
Suhu di wajan menurun dan bagian bawah pancake berubah menjadi kuning keemasan saat dimasak. Anda bisa menggunakan dadih, yogurt, atau susu kedelai sebagai pengganti susu.
Ada banyak jenis pai di seluruh dunia. Poffertje adalah pancake versi kecil. Crepes adalah sejenis kue kering yang terbuat dari lembaran yang sangat tipis. Tergantung pada tradisi setempat, pai ini dapat dimakan dengan pisau dan garpu, atau dimakan dengan tangan.

Sejarah Pancake

Pancake atau panekuk merupakan salah satu makanan yang sudah ada sejak lama, namun belum sepopuler di masyarakat seperti saat ini. Diyakini bahwa asal muasal pancake ini sudah ada sejak zaman peradaban Romawi kuno.
Pancake ini awalnya bernama Alita Dolce yang artinya “makanan manis” yang terbuat dari tepung, susu dan rempah-rempah. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan air hingga membentuk adonan.
Tapi jangan terlalu berair. Pada zaman Romawi kuno, adonan ini tidak dimasak dengan wajan atau wajan, tetapi dengan hidangan khusus yang menyerupai wajan atau sejenisnya, karena “wajan” tidak ada saat ini. Pancake secara bertahap menjadi terkenal dan menjadi semakin populer di Eropa sejak 1430-an.
Dan sejak itu, pancake menjadi sajian khas Eropa Timur, misalnya di Mardi Gras. Di area tersebut, pancake digunakan sebagai menu spesial pada Shrove Tuesday atau Tuesday, menyajikan pancake yang disajikan sehari sebelum Paskah.
Perkembangan pancake ini tidak berhenti sampai di situ. Pancake ini juga mulai berdatangan di Jerman. Orang Jerman pada saat itu membuat pancake dengan bahan pokok kentang yang disebut pfannkuchen, yang cenderung lebih kental dari pancake biasa.
Hal yang sama terjadi di Finlandia. Untuk pancake di negeri ini mereka juga menggunakan kentang yang disebut “Boksti”. Selain kedua negara tersebut, Prancis juga tidak mau menyerah pada pancake khasnya. Apakah kamu pernah makan pancake? Nah, itulah bentuk dan tekstur pancake yang diproduksi di Irlandia.
Pancake ini dibuat lebih tipis, sehingga teksturnya menjadi renyah saat dikunyah. Panekuk biasanya tidak hanya disajikan. Beberapa orang lebih suka memadukan pancake ini dengan bahan makanan tertentu seperti madu.
Pada awal kemunculannya, pancake hanya memiliki satu rasa yaitu rasa aslinya. Namun, rasa pancake ini berubah dari waktu ke waktu. Pancake masih tersedia dalam banyak rasa yang lebih menarik dan lezat.
Gorengan ini sering digunakan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Namun di masyarakat Inggris, jajanan manis ini kerap menjadi menu utama.
Nah, sah-sah saja jika makanan ini menjadi menu utama di meja makan, karena setiap orang punya cara tersendiri untuk mencicipi atau memakan pancake tersebut.

Resep Japanese Souffle Pancake Yang Super Lembut Dan Fluffy

Bahan Bahan Resep Japanese Souffle Pancake

  • 1/2 sdt bubuk vanila
  • 35 gr tepung terigu yang protein sedang 
  • 2 btr telur, pisahkan kuning telur dan putihnya
  • 15-20 gr gula pasir
  • 1/3 sdt baking powder
  • 20 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam

Langkah Langkah Resep Japanese Souffle Pancake

  1. Campurkan susu cair, kuning telur dan bubuk vanila. Sebagai alternatif, gantikan 1/2 sdt ekstrak vanila cair.
  2. Ayak tepung terigu lalu masukkan ke dalam adonan telur. Taburi dengan garam. Kemudian aduk sampai rata.
  3. Kocok putih telur menggunakan mixer roti sampai terbentuk busa. Tambahkan 1/3 gula pasir, lalu kocok lagi menggunakan mixer. Kali ini Gunakan kecepatan sedang. Tunggu hingga gula dan putih telur tercampur rata. Berhentilah mencambuk jika bagian putihnya sudah lunak.
  4. Pisahkan 1/3 adonan putih telur ke wadah yang berbeda, lalu tambahkan ke dalam adonan kuning telur dan aduk lagi hingga rata. Kemudian masukkan adonan kuning telur tersebut ke dalam sisa adonan putih telur. Aduk kembali sambil diaduk hingga rata.
  5. Panaskan wajan antilengket (teflon) dengan api kecil. Olesi sedikit permukaannya, lalu pindahkan minyak ke wadah lain. Terlalu banyak minyak akan membuat permukaan pancake menjadi kurang cantik.
  6. Masukkan 3 sendok makan adonan ke dalam loyang. Masak sekitar 1 menit, lalu masukkan di atas satu sendok makan lagi untuk mengentalkan pancake.
  7. Masukkan 1 sendok makan air ke tepi wajan teflon agar pancake lebih lembap, lalu tutup selama 2-3 menit.
  8. Balikkan adonan, lalu Masukkan lagi satu sendok makan air ke tepi wajan. Tutup dengan teflon lagi dan masak selama 3-4 menit. Angkat segera dari wajan.
  9. Souffle panekuk jepang sudah siap dihidangkan ya guys

Resep Japanese Souffle Pancake Yang Super Lembut Dan Fluffy

Nah itu dia guys resep japanese souffle pancake yang super lembut dan fluffy . Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya .


Japanese souffle pancake ini cocok banget buat cemilan atau dimakan sambil nonton film, dengerin musik, ngerjain tugas sekolah, pas lagi santai santai, atau bahkan bisa banget dibuat sarapan apalagi disantap dengan mesin kopi, kalian bisa menggunakan mesin pembuat kopi biar lebih gampang . Biasanya dipakai untuk hidangan penutup sih. Sekian tutorial masak dari saya, selamat mencoba ya guys 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *