Membuat Karya Seni Dengan Kertas Hitam

Bagi sebagian besar orang kertas hitam mungkin bukan lah hal yang familiar. Generasi milenial saat ini mungkin tidak mengetahui dengan pasti apa itu kertas hitam dan kegunaanya bagi kehidupan sehari-hari. Kertas jenis ini memang sudah lagi bukan hal umum yang bisa di jumpai dimana saja dan kapan saja. Kertas jenis ini kini hanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu dan hanya sebagian kecil orang saja yang memanfaatkannya. Kertas yang di dominaai warna hitam dan berisi tinta di dalamnya ini adalah kertas yang dulunya digunakan untuk menyalin suatu tulisan. Kertas ini digunakan untuk menyalin sebuah nota dan tulisan penting sebagai pengganti mesin fotokopi. Tetapi kini ketenaran kertas ini telah digantikan dengan mesin fotokopi yang lebih modern dan praktis serta lebih cepat. Sebelum mesin fotokopi tenar kertas ini lah yang berperan penting untuk memperbanyak dokumen. Dokumen yang akan diperbanyak biasanya ditulis ulang menggunakan kertas ini. Cara untuk menyalin menggunakan kertas ini sangat mudah, masyarakat hanya perlu melettakkan kertas di bagian bawah kertas ini, lalu pada bagian atas kertas diberi tulisan yang ingin di salin. Masyarakat hanya perlu menulis ulang dokumen yang akan di salin dan secara otomatis kertas yang berada di bawah kertas karbon akan mengkopi tulisn tersebut.

Dulu cara ini sangat populer untuk urusan-urusan bisnis atau dokumen penting yang ingin digandakan akan tetapi cara ini tidak efektif dan cenderung memakan waktu cukup lama sehingga lambat laut mulai di tinggalkan. Karena mulai di tinggalkan masyarakat mulai beralih menggunakan kertas yang lebih sering disebut dengan kertas karbon ini sebagai salah satu bahan untuk membuat karya seni. Membuat karya seni menggunakan kertas karbon mungkin belum banyak orang yang tahu. Prinsip yang digunakan untuk membuat karya seni ini tidak berbeda jauh dengan cara menyalin sebuah tulisan. Kertas karbon yang memiliki warna hitam dan tinta ini akan memberikan warna yang cukup Bagus dan kesan unik pada karya seni yang dibuat. Salah satu contoh karya seni yang biasanya dibuat menggunakan kertas karbon adalah lukisan. Lukisan termasuk dalam salah satu benda seni yang cukup banyak peminatnya serta pembuatannya yang tidak terlalu rumit tetapi membutuhkan kreatifitas tinggi. Membuat lukisan menggunakan kertas karbon akan sedikit berbeda dari pada menggunakan media atau alat lain.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang ingin membuat Karya seni dari kertas karbon terutama karya seni berbentuk lukisan. Bagi para pelukis profesional dan memiliki imajinasi tinggi menggunakan kertas ini tidak akan menjadi masalah tetapi bagi para pelukis pemula terdapat beberapa cara mudah untuk dapat melukis menggunakan kertas berwarna hitam ini. Salah satu cara mudah belajar membuat karya seni dari kertas karbon adalah menyalin sebuah gambar

yang telah ada. Para pelukis pemula yang masih belajar bisa menyiapkan sebuah gambar atau lukisan sederhana untuk di salin menggunakan kertas ini. Kertas karbon disiapkan sebagai alas untuk menjiplak gambar, setelah itu bagian bawah kertas karbon diberi kertas baru untuk hasil pengaplikasian jiplakan tersebut. Di atas kertas karbon diberi gambar yang akan dijiplak dan masyarakat hanya perlu menggambar ulang berdasarkan gambar yang ada dalam kertas tersebut. Setelah selesai menggambar ulang di atas kertas karbon hasil dari penggambaran tersebut bisa langsung dilihat dengan mudah dan dinikmati dengan mudah pada kertas yang ada di bawahnya. Kini karya seni seperti ini telah banyak berkembang dan mulai menjadi trend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *