Guna Minyak Atsiri dan Efek Sampingnya

Hai sobat semua! Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Guna Minyak Atsiri. Minyak atsiri adalah komponen ekstrak dari berbagai macam tumbuhan yang memiliki berbagai macam manfaat untuk Kesehatan. Pada umumnya, minyak atsiri dibuat menggunakan metode pnyulingan. Metode penyulingan ini membutuhkan mesin untuk melakukan penyulinganyang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri.

Guna Minyak Atsiri Untuk Kesehatan

guna minyak atsiri

Menurunkan stress dan gangguan kecemasan

Menurut beberapa riset membuktikan bahwa minyak atsiri yang digunakan dalam aromaterapi menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menurunkan stress dan gangguan cemas.

Menjalankan sesi pijat dengan menggunakan minyak atsiri terbukti ampuh dalam memberikan efek ketenangan. Namun sangat disayangkan kalua efek ketenangan ini hanya dapat dirasakan sesaat saja.

Mengobati sakit kepala dan migrain

Dalam sebuah riset menyatakan , jika mengoleskan minyak peppermint dan lavender pada kulit terbukti mampu mengurangi gejala sakit kepala dan migrain. Terlebih lagi jika mengoleskan minyak chamomile pada pelipis, maka akan membantu mengobati sakit kepala dan migrain. Metode ini merupakan metode yang sangat popular di negara Persia.

Dengan begitu, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk membuktikan manfaat minyak atsiri dalam mengatasi masalah sakit kepala dan migrain.

Mengatasi susah tidur

Dengan menghirup aroma dari minyak atsiri bunga lavender terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur para pasien wanita yang baru saja menjalani proses persalinan dan pasien penyakit jantung.

Menurut 15 riset yang berbeda menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak atsiri lavender memiliki efek yang sangat baik untuk meingkatkan kualitas tidur.

Mengurangi peradangan

Menurut beberapa tes tabung menunjukkan bahwa minyak atsiri ampuh untuk mengatasi masalah peradangan dalam tubuh. Sebuah riset pada hewan membuktikan kalua minyak atsiri oregano dan thyme ampuh mengatasi masalah colitis ( peradangan selaput usus besar ). Bagaimanapun juga, masih perlu penelitian pada manusia untuk membuktikannya.

Menambah energi

Jika badan kamu sedah terasa kurang bersemangat, lemas karena berbagai factor. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak atsiri dari kayu manis, kapulaga, rosemary, cengkeh, atau melati

Guna Minyak Atsiri Yang Lainnya

Mengatasi mual

Hampir semua orang tidak merasa nyaman jika sedang merasa ingin muntah dan kurang enak badan. Tenang, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan minyak atsiri untuk mengatasi mual dan muntah. Beberapa jenis minyak atsiri untuk mengatasi masalah tersebut yaitu mint, jahe, lemon, jeruk, lavender. Jenis minyak tersebut dipercaya akan memberikan ketenangan sehingga mual akan terasa berkurang.

Mengurangi gejala flu

Beberapa jenis minyak atsiri memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri alami yang mampu meningkatkan imun tubuh kita. Jenis minyak atsiri yang mampu membantu melegakan hidung tersumbat adalah minyak kayu putih dan minyak peppermint.

Menaikkan tekanan darah

Guna minyak atsiri selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menaikkan tekanan darah. Jenis minyak yang dapat menaikan tekanan darah yaitu minyak kayu manis ( cinnamon bark ). Dengan menggunakan takaran tertentu, minyak kayu manis bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dengan cara pemakaian topical.

Menurunkan berat badan

Untuk kalian yang sedang menjalani program diet, cocok banget nih dengan jenis minyak atsiri yang satu ini. Minyak atsiri tersebut yaitu minyak dari biji fennel atau minyak jeruk bali merah. Hal ini dikarenakan, minyak tersebut mampu mengurangi nafsu makan. Jika digunakan secara topical, maka minyak ini mampu melawan jamur pada kulit.

Guna Minyak Atsiri untuk Kulit Beserta Jenisnya

guna minyak atsiri

Minyak lavender

Minyak lavender merupakan minyak yang sangat popular diantara minyak atsiri yang lainnya. Karena, minyak lavender mempunyai banyak sekali manfaat untuk Kesehatan. Salah satunya yaitu dapat mengurangi munculnya keriput dan garis halus di wajah. Aroma yang menenangkan pada minyak lavender dapat digunakan sebagai aromaterapi. Kandungan antioksidan pada minyak lavender membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Minyak lemon

Minyak lemon merupakan minyak yang dibuat dari ekstraksi kulit lemon yang memiliki sifat antiseptic dan antimikroba. Sehingga, minyak lemon mampu membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran dan sel kulit mati, serta mencerahkan warna kulit kita.

Minyak biji rosehip

Minyak biji rosehip mengandung asam retinoate yang mampu membantu mengurangi tanda penuaan dini pada kulit. Menggunakan minyak ini pada wajah dapat membantu menyamarkan keriput, bekas luka, serta bitnik bitnik penuaan dini. Selain itu, minyak ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tetap kenyal dan lembut

Minyak geranium

Guna minyak atsiri geranium ini yaitu untuk menyamarkan noda di kulit, terutama bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Minyak ini juga membantu meregenerasi jaringan kulit, bersifat anti radang, serta mencerahkan kulit secara alami.

Efek Samping Menggunakan Minyak Atsiri

guna minyak atsiri

Walaupun minyak atsiri terbuat dari bahan alami bukan berarti minyak atsiri tidak memiliki efek samping . karena, produk herbal dan tumbuhan mempunyai komponen bioaktif yang bisa membahayakan Kesehatan, salah satunya yaitu minyak atsiri.

Saat kita menghirup maupun mengoles minyak atsiri memang dianggap aman. Namun, pastikan disekelilingnya tidak ada anak kecil, ibu hamil, dan hewan peliharaan kamu. Karena, aroma dari minyak atsiri mungkin bisa berbahaya bagi Kesehatan mereka.

Berikut beberapa jenis minyak atsiri dan efek sampingnya:

  1. Minyak kayu putih, jika menelan minyak kayu putih dapat menyebabkan kejang kejang, diare, mual dan sakit perut.
  2. Peppermint oil, peppermint oil dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada saat dioleskan langsung ke kulit. Jika mengonsumsi minyak peppermint akan menyebabkan perut yang teras amulas.
  3. Adas manis, Ketika dikonsumsi, minyak atsiri adas manis ini dapatĀ  menurunkan efek antidepresan dari beberapa obat serta meningkatkan efek obat yang mempengaruhi system saraf pusat.
  4. Minyak atsiri kayu manis, jika tidak mengencerkan minyak kayu manis sebelum digunakan, maka dapat menyebabkan iritasi selaput lender, muka yang memerah, penglihatan kabur, dermatitis kontak, mual, dan muntah.
  5. Bergamot oil, minyak ini dapat meningkatkan sensitivitas kulit dan mengakibatkan kulit terbakar apabila digunakan dalam konsentrasi tinggi sebelum terpapar sinar matahari.
  6. Minyak atsiri pala, minyak pala dapat menyebabkan ruam atau luka bakar jika dioleskan. Selain itu, jika tertelan dalam konsentrasi tinggi maka dapat menyebabkan halusinasi bahkan koma.
  7. Tea tree oil, Ketika dioleskan, tea tree oil ini dapat menyebabkan ruam dan iritasi. Sedangkan bila tertelan maka dapat menyebabkan hilangnya koordinasi dan disfungsi otot.
  8. Sage oil, apabila minyak sage tertelan dalam jumlah yang besar, maka akan menyebabkan muntah, vertigo, gelisah, detak jantung menjadi berdegup dengan cepat, tremor, kejang, hingga kerusakan pada ginjal.
  9. Lemon verbena oil, minyak ini dapat menyebabkan fotosensitivitas dan kulit terbakan apabila digunakan sebelum terpapar sinar matahari

Cara Mencegah Dari Efek Samping Penggunaan Minyak Atsiri

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah dari efek samping penggunaan minyak atsiri:

  1. Jauhkan minyak atsiri dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan anda
  2. Semprotkan minyak atsiri antara 30 sampai 60 menit dan tidak boleh lebih
  3. Semprotkan pada ruangan yang memiliki ventilasi baik
  4. Encerkan minyak terlebih dahulu sebelum menggunakan
  5. Tidak menggunakan minyak dengan efek fotosensitivitas sebelum terkena paparan sinar matahari atau UV.
  6. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak atsiri
  7. Jauhkan minyak atsiri dari api

Cara Mengatasi Dari Efek Samping Penggunaan Minyak Atsiri

  1. Jika minyak atsiri masuk ke mata, rendam cotton bud dalam minyak wijen atau zaitun kemudian usapkan diatas kelopak mata dengan kondisi tertutup, lalu bilas area mata tersebut menggunakan air bersih yang dingin.
  2. Jika terjadi iritasi kulit, gunakan minyak lemak atau krim untukdigunakan menyerap dan menghapus minyak atsiri dari kulit.
  3. Jika tidak sengaja tertelan, segera minum susu dan segera hubungi dokter ataupun rumah sakit terdekat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Guna Minyak Atsiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Untuk artikel yang lebih lengkap silahkan baca Kegunaan Minyak Atsiri. Jika ada kritik dan saran membangun yang ingin kalian sampaikan, silahkan tuli pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih dan sampai jumpa sobat semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *