Contoh Alat Kesehatan Poli Kandungan

Di rumah sakit dan klinik terdapat banyak beberapa poli atau unit pemeriksaan khusus. Salah satu poli yang ada di rumah sakit adalah poli kandungan. Poli ini juga termasuk pelayanan terhadap persalinan dan juga kesehatan kandungan dan anak. Untuk menjalankan tugasnya, unit ini dibekali dengan berbagai macam alat medis. Berikut ini beberapa macam alat kesehatan untuk poli kandungan.

Macam Alat Kesehatan Poli Kandungan

Di sini akan kita sebutkan, alat kesehatan untuk poli kandungan secara umum. Bukan hanya di pusat layanan medis tingkat pertama, atau di tingkat yang lebih tnggi. Melainkan secara menyeluruh. Berikut ini beberpa macam alatnya :

# Bidan Kit

Tenaga medis yang ada di sebuah poli kandungan terdiri dari dokter kandungan dan juga para bidan yang membantunya. Sebuah alat medis yang digunakan oleh bidan untuk menjalankan tugasnya disebut bidan kit. Peralatan ini tidak hanya satu macam melainkan berbagai macam seperti gunting, pinset dan spatula dan alat lainnya yang digunakan bidan dalam pemeriksaan atau membantu proses persalinan.

# Fetal Doppler

Fetal doppler merupakan alat yang sering digunakan bidan dan juga dokter dalam poli kandungan. Alat ini digunakan untuk mendeteksi detak jantung janin dalam kandungan. Fetal doppler bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi, sehingga cukup aman untuk digunakan.

# Alat USG

USG (Ultrasonografi) merupakan alat yang jauh lebih canggih dibanding fetal doppler. Meskipun masih memiliki sistem kerja yang sama, namun USG dapat mencitrakan dalam bentuk gambar yang ditampilkan pada layar monitor dan juga dapat dicetak pada kertas. Namun tidak banyak yang memiliki alat canggih ini, hal ini karena memang harga alat usg yang masih cukup mahal sehingga anggaran masih belum terjangkau.

# CTG

CTG hampir mirip dengan alat fetal doppler namun fungsinya jauh lebih detail. Alat CTG atau fetal monitor berfungsi untuk menganalisa detak jantung janin secara lebih detail dengan pemeriksaan khusus sehingga dapat mendeteksi ada tidaknya gangguan yang mungkin diderita oleh janin di dalam kandungan.

Tentunya, masih banyak sekali peralatan kesehatan yang terdapat di dalam poli kandungan. Baik secara umum, ataupun secara khusus yang digunakan untuk bayi. Mudah – mudahan sedikit informasi tentang alat medis di poli kandungan diatas dapat sedikit menambah wawasan anda sekalian. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *