Cara Membuat Gula Semut Dari Gula Merah

HAllo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara membuat gula semut dari gula merah berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Gula merah dibuat dari nira yang diperoleh dari sadap kelapa atau daun aren (aren) dan juga dari depan, kemudian dimasak dan dicetak sesuai kebutuhan. Rasanya unik, tidak dicampur dengan pemanis buatan, sehingga disukai banyak orang. Dalam membuatnya bisa menggunakan mesin gula semut.

 Ada dua bentuk gula merah yang dikenal masyarakat yaitu gula cetak dan gula semut. Perbedaan keduanya adalah dari segi bentuk, gula cetak dibentuk seperti cetakan sedangkan gula semut berbentuk bubuk. Dalam industri gula merah digunakan sebagai bahan pembuatan kecap, campuran kue, bumbu masak, sirup dll.

Saat ini telah banyak dikembangkan proses pembuatan gula merah dalam bentuk bubuk yang dikenal dengan gula semut. Dibandingkan gula cetak, mengolah nira menjadi gula semut akan lebih menguntungkan karena:

cara membuat gula semut dari gula aren

· Harga jual lebih tinggi dari gula cetak

· Berupa bubuk, sehingga lebih fleksibel pemakaiannya dibandingkan gula cetak dan lebih mudah disimpan,

· Memiliki umur simpan yang lebih lama

Pengolahan gula semut dapat dilakukan dari nira aren atau dari gula merah cetakan. Langkah-langkah pengolahan gula aren dari nira aren adalah sebagai berikut:

Presipitasi Kapur

Jeruk nipis yang digunakan sebagai pengawet saat menyimpan getahnya harus diendapkan, sedapat mungkin semua kapur diendapkan karena semakin tinggi konsentrasi kapur yang tersisa maka rasa pahit gula yang dihasilkan, artinya semakin rendah kualitasnya.

Presipitasi Kapur

Jeruk nipis yang digunakan sebagai pengawet saat menyimpan getahnya harus diendapkan, sedapat mungkin semua kapur diendapkan karena semakin tinggi konsentrasi kapur yang tersisa maka rasa pahit gula yang dihasilkan, artinya semakin rendah kualitasnya.

Menyaring dan membersihkan getah

Setelah semua jeruk nipis diendapkan maka getah yang diperoleh disaring untuk membuang benda asing yang tidak diinginkan seperti daun, ranting, lebah, dll.

Matang

Untuk mendapatkan gula semut yang berkualitas baik, getah yang didapat harus segera dimasak. Selama pemanasan, biasanya akan muncul busa yang mengandung kotoran halus. Busa dan kotoran perlu dibersihkan, karena akan mempengaruhi kualitas gula. Busa dihilangkan dengan menyaring dengan lubang filter halus. Pembentukan dan pembuangan busa secara fisik dapat dicegah dengan pengadukan atau dengan mengatur suhu. Buih terbentuk karena panas yang berlebihan. Penggunaan ruang hampa mencegah kerugian akibat busa. Pengadukan mencegah konsentrasi panas suatu area atau pendistribusian panas.

Aduk terus larutan agar matang secara merata dan tidak gosong di bagian bawah. Lama-kelamaan gelembung yang muncul semakin sedikit dan ini menunjukkan solusinya semakin tua. Pemasakan dihentikan saat getah kental pecah, atau saat jatuh berputar-putar di dalam air, membentuk benang-benang gula yang terasa keras. Wajan kemudian diturunkan dari kompor, dan getah kentalnya terus diaduk sambil sedikit demi sedikit dikeluarkan dengan alat pengaduk untuk dioleskan / digosok di pinggir wajan.

Proses kristalisasi

Proses penting tambahan dalam pemrosesan gula semut adalah kristalisasi dan pembentukan bubuk. Setelah getah mengental, pemanasan dihentikan. Getah kental diaduk perlahan dengan arah tetap (searah). Saat pengadukan dilakukan, semakin cepat untuk meratakan perkembangan pembentukan kristal dan mencegah pembentukan gumpalan bubuk. Pengadukan mempengaruhi tingkat kehalusan dan keseragaman bentuk bubuk.

Menyaring

Setelah proses kristalisasi dan pembentukan serbuk selesai, gula semut diayak hingga diperoleh ukuran yang seragam. Gula semut yang tidak lolos saringan dihaluskan dan diayak kembali. Serbuk ini dikemas dalam bahan kemasan tahan air seperti plastik polypropylene (PP).

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara membuat gula semut dari gula merah semoga artikel yang saya buat berguna bagi kalian sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *