Cara Memasak Nasi Jagung Instan Yang Enak Dan Gurih

Kali ini resep yang akan diberikan adalah Cara Memasak Nasi Jagung Instan yang enak dan gurih. Selama pandemi covid-19 ini, mari kita cek disini.

Jagung

cara memasak nasi jagung

Jagung (Zea mays ssp. Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan makanan pokok, sebagian penduduk Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Saat ini, jagung juga telah menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak nabati dan sebagai bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan jagung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetik dan kimia.

Jagung merupakan model tanaman yang menarik, terutama dalam bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika yang intens, dan membantu membentuk teknologi budidaya hibrida yang revolusioner. Dari segi fisiologi tumbuhan ini tergolong tumbuhan C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam studi agronomi, respon dramatis dan karakteristik jagung terhadap defisiensi atau keracunan unsur-unsur yang tidak penting membuat jagung menjadi tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang masuk.

Nasi Jagung

cara memasak nasi jagung

Nasi (nasek empog, nasi ampok, nasi empok) adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari jagung sebagai bahan makanan khas jagung. Jagung yang digunakan untuk membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau disebut juga jagung pipilan. Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung.

Di pasaran, jagung pipilan mudah ditemukan karena harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga jagung manis atau baby corn. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa yang dimakan dengan lauk pauk lainnya.

Manfaat Jagung

cara memasak nasi jagung

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jagung diperkaya dengan vitamin C dan protein. Vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga membantu mencegah demam, masuk angin dan flu.

Protein pada jagung manis baik untuk memberikan asupan energi bagi tubuh.

2. Tinggi Antioksidan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jagung kaya akan antioksidan, kombinasi fitonutrien yang ditemukan di bijinya.

Pada jagung kuning, karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan organ, serta memantau kesehatan jantung.

3. Membantu Menambah Berat Badan

Apakah Anda kekurangan berat badan dan sulit menambah berat badan dengan cara yang sehat? Jangan khawatir, jagung bisa jadi solusinya.

Jagung manis bisa menjadi makanan tambahan yang sehat jika Anda ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak jahat untuk menambah berat badan hanya akan menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan lain dalam jangka panjang.

Dengan mengonsumsi jagung, Anda tidak hanya mendapatkan kalori yang sehat, Anda juga akan mendapatkan sejumlah vitamin dan serat.

4. Menyeimbangkan Mood

Jagung mengandung vitamin B6, yang membantu otak Anda memproduksi serotonin dan norepinefrin, dua bahan kimia yang memengaruhi suasana hati Anda.

Jagung juga membantu memproduksi melatonin yang dibutuhkan tubuh agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari dan merasa segar di pagi hari.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung mengandung vitamin C dan likopen (antioksidan) yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah radikal bebas yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

Selain dimakan, produk seperti minyak jagung dan pati jagung bisa dioleskan langsung ke kulit dan sering dijadikan bahan dalam berbagai produk kosmetik.

6. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Jagung memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan bagi ibu dan bayinya. Jagung kaya akan asam folat, serta mengandung zeaxanthin dan asam patogen yang mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi jagung juga dapat meredakan sembelit yang merupakan masalah umum bagi ibu hamil.

7. Mencegah Risiko Kanker Paru

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jagung manis dapat mencegah pencegahan paru-paru. Ketersediaan bahan kimia alami bernama cryptoxanthin dalam jagung yang bila diserap tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Zat ini dapat membantu mencegah berkembangnya kanker paru-paru dan juga mencegah terbentuknya jenis kanker lainnya.

8. Meningkatkan Daya Ingat

Jagung manis bisa membantu meningkatkan daya ingat. Jagung manis kaya akan tiamin dan vitamin B1.

Selain dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, jagung manis juga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti demensia dan Alzheimer.

Cara Memasak Nasi Jagung Instan

Bahan-bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 250 gram jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Cara Memasaknya Yaitu:

  1. Campur jagung meniran dengan nasi dan rendam dengan garam menggunakan air yang telah disediakan. Setelah itu rebus nasi dan jagung yang tadi didiamkan hingga airnya habis, lalu segera angkat.
  2. Siapkan wajan kukus panas lalu letakkan nasi jagung di dalamnya. Siram nasi jagung menggunakan santan hangat, angkat, lalu kukus nasi jagung hingga matang dan segera.
  3. Jika berarti nasi jagung sudah siap disajikan.

Itu tadi cara memasak nasi jagung instan yang enak dan gurih. Semoga apa yang Saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Jika, Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang nasi jagung Anda bisa membaca artikel tentang resep nasi jagung. Semoga bermanfaat.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *