Biodata Salmafina Sunan, Anak Pengacara yang Penuh Kontroversi

Salmafina Sunan yang kini berusia 21 tahun, Salmafina Sunan merupakan artis kontroversi yang terkenal karena sang ayah yang bekerja sebagai pengacara, yaitu Sunan Kalijaga. Lahir pada 13 Agustus 1999, Salma sapaan akrabnya bukanlah seorang artis yang mondar-mandir di layar kaca dari karyanya. Salma dikenal publik selain karena nama sang ayah, juga karena beberapa berita kontroversinya yang membuat masyarakat geleng-geleng kepala.

Tak hanya sekali dua kali, namanya menjadi bahan omongan nitizen, tapi beberapa kali namanya sempat membuat dirinya semakin terkenal dan dikenal dengan artis pansos. Sebagai soorang selebgram, Salma pernah membuat ramai jagat raya dengan kegemarannya yang senang clubbing, berhijab syar’i, menikah dengan seorang hafidz Alquran, bercerai, melepas jilbab, dan pindah agama.

Salma membuat ramai jagat raya saat dirinya beberapa kali pergi clubbing dengan temannya, seperti selebgram Awkarin dan mengenakan pakaian terbuka. Salma mengaku bahwa dirinya memang sudah gemar bermain ke club bersama teman-temannya semenjak kelas satu SMA, bahkan sang ayah Sunan Kalijaga pun yang mengantar sang anak.

Namun, tak lama Salma pun memutuskan untuk menutup seluruh auratnya dengan mengenakan pakaian syar’i. Ia merasa bahwa selama pergi clubbing, Salma merasa tidak nyaman dengan perlakuan dari lelaki kepadanya. Salma ingin mengenakan pakaian yang lebih tertutup dan nyaman untuknya. Maka, ia pun mantap mengenakan hijab pada pertengahan tahun 2017.

Seiring dirinya yang telah bertaubat, membuat Salma gemar mendengarkan ceramah dan belajar agama lebih dalam. Dirinya pun beberapa kali mengunggah video milik seorang hafidz Alquran Taqy Malik. Taqy tak hanya seorang hafidz Alquran, dirinya juga merupakan selebgram dengan banyak fans kaum hawa yang sedang sekolah di Kairo, Mesir.

Tak disangka, seringnya Salma menandai Taqy dalam beberapa unggahan ceramah, membuat keduanya pun akhirnya berkomunikasi via Dirrect Massage Instagram. Berkenalan selama dua minggu, keduanya merasa cocok dan memutuskan untuk melangkah menuju ke gerbang pernikahan dengan label menikah muda. Salma yang saat itu baru menginjak usia 18 tahun dan Taqy yang berusia 20 tahun pun akhirnya sah menjadi sepasang suami istri pada 16 September 2017.

Saat sebelum menikah dengan Taqy, Salma merupakan mahasiswa Universitas Bina Nusantara yang akhirnya memutuskan untuk pindah kuliah ke Universitas Bung Karno secara online. Maksud dan tujuan Salma pindah universitas adalah untuk menyusul sang suami, Taqy Malik yang sekolah di Kairo. Namun tak disangka, ketika Salma sudah pindah universitas ternyata keduanya memutuskan untuk mengakhiri hubungan pernikahan yang baru dibina selama dua bulan lamanya.

Salma menceraikan Taqy dengan alasan yang masih belum diketahui sampai saat ini. Antara keluarga Salma dan Taqy pun sama-sama saling menghujat dan membenarkan pernyataannya masing-masing. Hingga akhirnya keduanya pun resmi bercerai pada 21 Februari 2018. Salma pun menyandang status janda di usia muda.

Setelah perceraian keduanya, Salma mengubah penampilannya dari yang mengenakan hijab syar’i, berubah menjadi hijab simple yang biasa saja. Keputusannya dalam mengganti cara berbusana muslim adalah karena keinginannya sendiri dan menurutnya saat dahulu ia mengenakan pakaian syar’i adalah keinginan dari sang mantan suami yang bukan berrasal dari hatinya sendiri. Keputusan ini pun membuat dirinya banyak mendapatkan cemooh dari nitizen.

Pada bulan Juli 2018, Salma menulis sebuah buku berjudul “Ketika Cinta Diuji” yang menceritakan tentang masa hidupnya. Buku yang bercerita mulai dari masa dirinya berhijrah, menikah, juga bercerai di usia muda, dan perjalanan karir dari Salma dituangkan dalam buku yang berisi 221 halaman ini.

Setelah namanya sempat redup di dunia infotaiment, pada awal tahun 2019 nama Salmafina Sunan pun kembali menggemparkan dunia hiburan. Ia dikabarkan telah berpindah agama karena seorang lelaki yang dipacarinya. Sebelum sempat beredar kabar bahwa diirnya memutuskan untuk berpindah keyakinan, Salma dan keluarganya pun memang sedang tidak harmonis. Tak sekali dua kali, memang keluarga pengacara kondang ini sering terjadi konflik yang menyebabkan sang anak, terutama Salma depresi.

Kepindahan dirinya ke agama lain, membuat sang ibu dan ayahnya merasa kecewa. Namun, Salma menjelaskan bahwa dirinya memang benar pindah agama, tapi bukan karena lelaki lain. Ia benar-benar pindah agama karena dirinya sendiri, ia merasa nyaman dengan agama yang kini dianutnya dan sudah beberapa kali mendatangi gereja untuk melakukan ibadah, serta masih mendalami agama yang dianutnya kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *