Macam – Macam Alat Kesehatan Untuk Pasien Bayi

Proses perawatan pasien tidak lepas dari peran alat – alat kesehatan yang digunakan. Jenis pasien juga ikut menentukan alat – alat yang digunakan. Misalnya pasien bayi, anak dan dewasa. Tentunya alat kesehatan yang digunakan juga akan berbeda. Berikut ini beberapa macam alat kesehatan yang digunakan untuk penanganan pasien bayi.

Secara umum, alat – alat kesehatan digunakan untuk semua pasien. Namun ada kalanya, alat tersebut dibuat dalam model yang berbeda dengan mengacu pada jenis pasien yang dirawat. Inilah beberapa jenis alat kesehatan khusus yang digunakan untuk perawatan atau pemeriksaan pasien bayi.

Alat – Alat Kesehatan Untuk Pasien Bayi

# Timbangan Bayi

Timbangan memiliki fungsi secara umum adalah untuk mengukur masa satu benda. Ada begitu banyak jenis dan macam timbangan. Salah satunya yang digunakan untuk pasien bayi yaitu timbangan bayi. Timbangan ini tentu saja tidak dapat digunakan untuk pasien dewasa atau anak karena telah didesain khusus untuk pasien bayi.

# Inkubator Bayi

Inkubator Bayi juga merupakan alat kesehatan yang secara khsusu digunakan untuk merawat pasien bayi. Umumnya alat ini terdapat di rumah sakit yang memiliki unit pelayanan medis untuk bayi seperti ruang NICU. Inkubator Bayi berfungsi untuk perawatan bayi premature yang mengalami gangguan kesehatan tertentu sehingga harus dirawat secara intensif.

# Neopuff

Neopuff diambil dari potongan kata Neonatal yang artinya bayi baru lahir. Alat ini juga dibuat secara khusus untuk penanganan pasien bayi. Neopuff berfungsi untuk perawatan gangguan pernafasan khusus pada bayi yang baru lahir. Alat ini tidak menggunakan tenaga listrik, namun membutuhkan suplay oksigen untuk regulasinya.

# Infant Warmer

Infant berarti juga bayi, warmer berarti penghangat. Jadi alat ini adalah alat penghangat bayi. Secara otomatis alat ini hanya digunakan untuk pasien bayi. Ya, alat digunakan untuk menghangatkan bayi yang mengalami gangguan hipotermia dimana suhu tubuh bayi belum mampu menyesuaikan dengan suhu lingkungannya. Ada cukup banyak produk Infant Warmer dengan berbagai macam model dan fitur yang berbeda- beda.

# Klem Tali Pusat

Dulu Ketika bayi dilahirkan, ari – ari atau jalan makan dipoting kemudian diikat dengan menggunakan benang. Lain dengan sekarang ini, lebih praktis karena menggunakan alat khusus yang didesain sedemikian hingga dapat digunakan dengan mudah. Klem tali pusat digunakan untuk mengikat sisa potongan tali pusat bayi dengan mekanisme jepit. Nah alat ini juga secara khusus digunakan untuk pasien bayi.

Tentu tidak hanya itu saja, yang kita sebutkan diatas hanya sebagian kecilnya saja. Anda bisa mencari alat – alat lain dari sumber yang berbeda bila anda ingin mengetahuinya, sekian semoga bisa sedikit menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *