Berikut ini adalah 5 jenis warna tong sampah yang seharusnya sudah kamu tau

Setiap kali melihat sampah, pasti rasanya kita ingin segera mungkin untuk membuang sampah tersebut ke tempat sampah stainless steel. Karena tidak enak memang rasanya melihat sampah yang berserakan begitu saja. Tapi, saat kita membuang sampah, jangan sampai kita asal buang saja.

Umumnya, di negara kita ini setidaknya ada 5 jenis sampah yang dikategorikan. Jenis – jenis sampah tersebut adalah sampah organik, non organik, B3, kertas dan juga residu.

Nah berikut ini adalah penjelasan mengenai warna – warna sampah berdasarkan jenis – jenisnya.

  1. Hijau

Warna ini adalah warna untuk menandakan sampah organik. Sampah – sampah organik ini biasanya berupa bekas sayuran, bekas buah – buahan, daun – daunan kering, dll. Dengan kamu membuang sampah organik ke dalam tong sampah yang berwarna hijau, maka nantinya akan mempermudah saat akan dilakukan pengolahan kembali. Biasanya pengolahan kembalinya itu dijadikan sebagai pupuk kompos.

  • Kuning

Selanjutnya adalah warna kuning, yaitu warna untuk menandakan jenis sampah kategori sampah non  organik. Sampah jenis non organik biasanya adalah botol plastik, bekas kemasan makanan, gelas bekas air mineral kemasan, dan benda – benda lainnya.

  • Merah

Untuk tong sampah yang berwarna merah itu tandanya adalah tong sampah yang digunakan untuk sampah B3 ( bahan berbahaya dan beracun ) seperti sampah beling, sampah kaca, gelas beling, bekas detergen, obat nyamuk, bekas obat – obatan, dll.

  • Biru

Nah untuk tong sampah yang warnanya biru itu artinya adalah tong sampah untuk digunakan sebagai menampung sampah kertas. Biasanya pelajar dan mahasiswa yang banyak sekali sampah kertasnya karena banyak bekas makalah, atau juga bekas revisi skripsi, atau yang lainnya.

Mulai sekarang kamu jangan sampai membuangnya di tong sampah yang salah ya. Hal ini sangat bermanfaat apabila ditaruh di tong sampah yang memang khusus kertas, maka proses daur ulang pun nantinya lebih mudah.

Nah sekarang kamu sudah tau kan jenis – jenis warna tong sampah di atas, jika sudah tau, maka mulai dari sekarang kamu usahakan untuk dapat memilah sampah sesuai dengan jenisnya ya…

Dengan kamu memilah mana saja sampah sesuai dengan warna – warnanya, maka nantinya akan lebih mempermudah untuk proses daur ulang. Sehingga tidak banyak sampah yang dibuang ke lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *