Fakta Menarik serta Cara untuk Membuat Kopi Kekinian

Maua tau seperti apa cara untuk membuat kopi kekinian? Kita simak yuk artikel tentang fakta menarik serta cara untuk membuat kopi kekinian berikut ini…

membuat-kopi-kekinian

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi susu bukan? Kopi susu merupakan minuman yang terdiri dari campuran kopi dan susu. Biasanya susu yang digunakan untuk kopi susu kekinian adalah susu segar.

Sedangkan kopi yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung permintaan pelanggan.
Namun ada juga yang menggunakan Susu Kental Manis alias Creamer sebagai bahan campuran kopi.

Bagi para pecinta kopi susu pasti penasaran ingin tahu lebih banyak tentang minuman yang satu ini yuk simak fakta-fakta tentang kopi susu di bawah ini.

Sejarah Kopi Susu

Tahukah kamu? Berdasarkan beberapa sumber, kopi susu pertama kali diperkenalkan ke Rhode Island pada awal tahun 1930-an.

Kopi susu muncul dari restoran kreatif dan operator apotek mencoba menarik pelanggan baru dengan minuman kreatif.

Sedangkan kopi susu sudah ada di Indonesia sejak tahun 1927 tepatnya di kawasan Glodok, Jakarta.

Lebih dikenal dengan Kopi Es Tak Kie, Tak Kie diambil dari kata tak dan kie. “Tidak” artinya bijaksana, sederhana, dan apa adanya.

Sedangkan “Kie” artinya mudah diingat orang. Toko ini didirikan oleh seorang imigran asal China bernama Liong Kwie Tjong.

Dilansir dari food.detik, untuk mencoba es kopi susu di kedai ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 11.000 untuk satu porsi.

Rasa Kopi Susu Kekinian

Rasa kopi susu tentunya berbeda di tiap kedai kopi. Hal ini tentunya berdasarkan penggunaan jenis kopi yang berbeda.

Berbeda dengan kopi susu yang berbentuk sachet atau siap dibuat, kopi susu kekinian cenderung menonjolkan cita rasa kopi itu sendiri. Jadi yang dominan bukan lagi susu.

Kopi susu kekinian juga memiliki komposisi yang berbeda-beda tergantung standar kedai kopi dan permintaan konsumen. Ada yang menggunakan komposisi kopi arabika 70%, kopi robusta 30% lalu ditambah susu segar.

Komposisi tersebut tentunya bukan menjadi patokan untuk kopi susu yang saat ini beredar di Indonesia.

Sehingga rasa kopi susu di setiap kedai kopi berbeda-beda. Baik dari segi aroma, rasa, dan lain sebagainya.

Harga Kopi Susu Saat Ini

Kopi susu yang beredar di Indonesia saat ini merupakan varian kopi yang paling terjangkau dibandingkan dengan varian kopi lain yang dijual. Banyak yang mengira Kopi Susu adalah cara pertama untuk menjadi pecinta kopi.

Apalagi bagi yang kurang suka kopi karena rasa pahitnya tentu bisa menyukainya, karena kopi susu modern memiliki rasa yang manis, enak tapi tetap enak rasanya.
Untuk harga standar kopi susu saat ini atau umumnya dibandrol mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 22.000.

Namun ada juga harga Kopi Susu saat ini yang jauh lebih mahal dari pasaran karena menuntut komposisi yang berbeda.

Kopi Susu Modern dari Segi Kesehatannya

Tentunya dari segi kesehatan, saat ini kopi susu kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi bagi generasi muda milenial, tentunya harus menghindari konsumsi gula yang berlebihan.

Jadi bagaimana sebaiknya kita menghindari minum kopi susu hari ini? Sebagai alternatif, Anda bisa meminum kopi susu dengan komposisi yang sesuai dengan kesehatan Anda.

Jika Anda memesan di kedai kopi, tentunya Anda dapat meminta kasir atau antrean untuk mengurangi gula atau tingkat kemanisan kopi susu yang Anda pesan saat ini.Salah satu varian terlaris yang dibeli

Kopi Susu adalah salah satu jenis kopi terpopuler di Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia cocok dan suka dengan rasa kopi susu kekinian. Apalagi harga kopi susu kekinian memiliki harga yang relatif terjangkau. Maka tak heran jika kopi susu saat ini menjadi salah satu varian yang paling diminati pelanggan.

Cara Membuat Kopi Kekinian

Bagaimana dengan cara membuat kopi susu kekinian pada umumnya? Berikut cara membuat kopi susu kekinian secara umum yang bisa Anda coba buat di rumah.

Bahan-bahan yang di gunakan :

  • 2 sdt bubuk kopi sesuai selera
  • 30-50 ml air
  • 120 ml susu fresh milk atau UHT
  • 20-30 ml gula aren cair

Cara untuk membuat kopi :

  1. Larutkan gula aren yang sudah di iris menggunakan air mendidih di dalam panci.
  2. Dinginkan gula arennya dan sisihkan.
  3. Siapkan gelas lain, seduh kopi dengan menggunakan air panas. Aduk sampai kopinya larut dan diamkan agar dingin.
  4. Siapkan gelas saji dan tuangkan gula aren cairnya ke dalam gelas saji.
  5. Tambahkan es batu secukupnya.
  6. Tuangkan susu secara perlahan kedalammya.
  7. Masukkan kopi yang sudah diseduh tadi ke atas susu secara perlahan.
  8. Kopi susu sudah siap disajikan.
  9. Selamat Mencoba.

tentunya Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan untuk membuat kopi susu kekinian dan bisa dengan mudah membuatnya.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mencoba resep kopi lainnya, anda bisa membaca artikel tentang resep kopi kekinian yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi, Anda bisa mencarinya di rumah mesin. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *