Cara Membuat Gulali Kapas Lezat Praktis dan Enak

Cara Membuat Gulali Lezat Praktis, Siapa sih yang nggak kenal jajanan yang namanya cotton candy ini? Umumnya jajanan manis berbahan gula ini juga diwarnai agar terlihat menarik. 

Bentuknya yang lonjong dan ukurannya cukup panjang, kini penganannya sudah berganti bentuk menjadi semakin beragam. Banyak orang yang berkreasi dengan membentuk gulali kapas ini menjadi figur animasi hingga bunga. 

Di Indonesia sendiri, gulali sudah menjadi favorit masyarakat dari segala kelompok umur. Tapi tahukah Anda, ternyata gulali kapas sendiri memiliki jenis yang cukup banyak, lho.

Macam-Macam Gulali di Indonesia

Gulali Kapas

Cotton wool atau yang lebih dikenal dengan Cotton Candy. Terbuat dari gula pasir yang diputar dengan cepat di atas mesin bubut dan memiliki tekstur yang sangat lembut serta mudah meleleh jika diawetkan dan meninggalkan rasa lengket. Jika terkena udara secara langsung, serat akan menjadi keras dan kasar karena bersifat higroskopis. Karena itulah biasanya gulali ini dijual dalam kemasan plastik. Saat ini gulali masih bisa ditemukan di pasar malam atau tempat hiburan anak.

Rambut Nenek

Apakah Anda merasa akrab di telinga Anda? Gulali kapas jenis ini sering kita jumpai, mulai dari depan sekolah dasar hingga masyarakat sekitar gang rumah. Bahan utama untuk membuat kembang gula yang biasanya berwarna pink ini adalah gula pasir dan tepung terigu. Teksturnya terdiri dari untaian panjang yang masih dibuat secara tradisional dengan mencampurkan adonan gula kental dengan tepung terigu yang nantinya akan ditarik menjadi ijuk tipis.

Gulali Colek

Disajikan oleh penjual saat basah dengan cara menariknya ke dalam wadah atau dengan menggunakan tongkat kayu kecil dan ditaburi kacang. Teksturnya yang kenyal dan kenyal membuat gula kapas ini sangat awet saat dikonsumsi.

Gulali Gula Jawa

Gulali kapas ini dikenal sebagai gulali kapas tertua dengan cara pembuatan yang sangat tradisional diantara gulali kapas lainnya. Konon gulali kapas ini adalah cikal bakal dari berbagai macam gula kapas yang beredar saat ini. Warnanya kecoklatan karena hasil gula merah atau gula merah dan memiliki tekstur yang keras dan lengket. Disajikan dengan tusuk sate atau batang bambu kecil, gulali kapas ini sering disebut sebagai lollipop tradisional. Selain gula kapas, tidak jarang orang menambahkan taburan kacang tanah sebagai penambah rasa.

Gulali Sutra

Dikenal dengan nama lain yaitu gulali tepung, keberadaan gula kapas mulai sulit ditemukan. Gulali kapas sendiri sebenarnya memiliki bentuk yang mirip dengan gulali kapas nenek. Cara pembuatan dan bahan yang digunakan sama, hanya saja gulali kapas tidak melalui proses tarik ulur untuk membentuk serat tipis.

Gulali kapas

Berbeda dengan gulali sebelumnya, gulali ini dibuat dengan gula putih dengan pewarna makanan. Pada umumnya penganan ini akan diberi warna merah dan hijau yang nantinya akan dibentuk menyerupai kuncup bunga hingga ayam jago, sesuai kemampuan penjualnya.

Cara Membuat Gulali Kapas Lezat Praktis

Bahan-Bahan

  • 500 gram gula merah, haluskan
  • 125 ml air atau sesuai selera
  • Kacang tanah yang sudah dipotong kecil-kecil
  • Tusuk sate

Cara Membuat Gulali Kapas

  1. Pertama, masukkan gula merah atau gula merah dan air ke dalam wajanatau bisa juga menggunakan mesin arum manis lalu aduk hingga gula tercampur rata. Kemudian, nyalakan kompor dengan api sedang dan letakkan wajan di atasnya.
  2. Kedua, terus diaduk sampai adonan mendidih. Kemudian tambahkan potongan kacang tanah dan aduk kembali hingga merata. Saat air sudah sedikit berkurang, angkat panci dan diamkan hingga campuran mulai mengental.
  3. Jika adonan sudah mengental, masukkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gula pasir.

Nah itulah cara membuat gulali kapas yang praktis, bisa kita praktikan dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *