Cara Membuat Mie Sayur Sehat dan Tentunya Bergizi Tinggi

Cara Membuat Mie Sayur – Mie sayur adalah mie yang dibuat dari bahan mie seperti biasa dengan menambahkan sayuran sebagai nutrisi atau sebagai zat pewarna untuk mie. Warna mie sayuran biasanya hijau, oranye, ungu atau merah (sesuai dengan jenis sayuran yang ditambahkan).

Ada kandungan nutrisi dari mie sayuran sehat dibandingkan dengan mie yang ada. Kandungan nutrisinya akan lebih sedikit dari sayuran yang dimasak dengan cara biasa, tetapi jika Anda menambahkan sayuran dalam pembuatan mie juga nutrisi tidak semuanya akan hilang.

Apakah Mie Sayur penting untuk kesehatan?

Makanan yang dibuat biasanya hanya diberi tambahan garam, gula, dan lemak saja sehingga rasanya akan lebih enak, serta menjadi tahan lama dan bisa disimpan untuk waktu yang lebih lama.

Namun, penambahan beberapa bahan ini juga dapat mempengaruhi penampilan dan rasa makanan olahan, dan bahkan dapat memberi orang keinginan untuk memakannya lagi dan lagi.

Ternyata dengan penambahan gula ini, dan lemak yang terkandung dalam makanan yang dibuat juga meningkat, dan kandungan nutrisi dalam makanan tersebut tentu tidak banyak atau bahkan tidak ada.

Manfaat cara membuat mie sayur

    Sumber Serat Yang Baik

Selain buah-buahan, sayuran adalah pilihan untuk dan tetap mendapatkan serat untuk tubuh. Dengan hadirnya serat dapat membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh agar tetap dalam kondisi baik.

Serat nabati yang sudah terbentuk biasanya akan menyerap kadar air ekstra di usus kita, sehingga dapat mempertahankan kadar air yang ada di tinja. Karena itu dapat mencegah sembelit kronis, dan juga wasir.

Dengan seringnya mengonsumsi makanan berserat itu tentu bisa membuat kita tetap sehat, terutama mereka yang sering mengalami masalah pencernaan.

Dan juga karena sayuran yang tinggi kandungan seratnya bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan jika kita sedang menjalani program diet, tentu saja ini bisa membuat kita merasa malas ngemil karena masih terasa kenyang.

    Anti kanker

Sayuran seperti kol, kembang kol dan brokoli juga mengandung indole dan isothiocyanate yang sangat tinggi, yang dapat mencegah tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit, dan berbagai jenis kanker lainnya.

    Protein dan Asam Amino

Jika Anda mengonsumsi lebih sedikit produk makanan hewani dalam program diet Anda, pastikan Anda masih mendapatkan makanan kaya protein dari sayuran untuk mengimbangi kehilangan protein.

Dan makan banyak kacang-kacangan, bayam, dan juga nasi gandum dengan keseimbangan yang tepat.

    Sumber Vitamin Tinggi

Sayuran kaya akan vitamin yang sangat tinggi. Dan secara umum ada vitamin K di setiap sayuran hijau. Dan kandungan vitamin K yang tinggi dalam sayuran hijau adalah cara alami untuk menghindari masalah dengan tulang kita.

Vitamin K sangat dibutuhkan terutama untuk memproduksi osteocalcin, dan protein yang harus diberikan untuk kesehatan tulang yang tepat. Dan makan sayuran hijau untuk orang tua dapat mengurangi risiko patah tulang.

Cara membuat Mie Sayur

Bahan:

  •     50 gram sayuran hijau (bayam, sawi, atau sesuaikan rasanya) blender dengan 50 ml air es
  •     75 gram jeruk parut (wortel) parut halus ambil airnya
  •     50 gr red / unggu sayur (unggu bayam atau unggu ubi) blender dengan 50 ml air es
  •     250 gr tepung protein sedang
  •     150 ml air dingin
  •     25 gram pati
  •     1 sendok teh garam
  •     2 butir telur ayam
  •     3 sendok makan minyak goreng
  •     1 sendok makan tepung jagung

Alat yang dibutuhkan:

  •     Markatto (pembuat dan pemotong mie) dapat ditemukan di mesin mie
  •     Baskom / wadah
  •     Panci
  •     Kompor

Cara Membuat Mie Sayur :

  1. Kocok telurnya.
  2. Lalu campur telur dengan tepung, tepung dan garam. Membagi menjadi 3 adonan.
  3. Campur campuran dalam wadah 1 dengan jus sayuran hijau, lalu campuran dalam wadah 2 dengan jus sayuran jeruk, campuran dalam wadah 3 dengan jus sayuran merah.
  4. Kemudian diamkan selama 15 menit setelah campuran diaduk sampai kental.
  5. Saat campuran sudah halus, tipiskan mie dengan markatto. Mulailah menggiling dari pabrik terbesar (no. 1) dan lanjutkan 2-3 kali sampai no. 4 sampai halus.
  6. Masukkan mie ke dalam pemotong, pilih ukuran kecil sambil ditaburi tepung maizena agar adonan tidak menyatu.
  7. Rebus mie sampai mengambang, tiriskan dan taburi dengan minyak sayur. Mie siap digunakan sebagai pengganti mie biasa. Anda bisa juga menggunakan mesin pembuat mie untuk proses pembuatan lebih banya dan lebih cepat.

Demikiam tadi cara membuat mie sayur dan beberapa manfaatnya, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menikmati makanan ini di ruangan ber-AC, dan bisa service rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *