Metal Cutting Tools Beserta Fiturnya

Metal cutting tools digunakan sebagai alat untuk bisa menghilangkan bahan pada benda kerja berupa logam melalui proses deformasi geser. Untuk proses pemotongan tersebut bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat satu titik maupun banyak titik. Sementara alat titik tunggal tersebut digunakan supaya dapat menghilangkan bahan. Caranya cukup dengan satu ujung tombak yang membentuk, memutar, melapisi, atau bahkan memiliki operasi yang serupa.

Penting sekali untuk diperhatikan ketika hendak membuat alat pemotong dari logam yang dibuat pada beberapa bahan yang jauh lebih keras dibandingkan pada benda yang nantinya akan dipotong. Tujuannya yaitu supaya bisa memastikan bahwa untuk alat tersebut mampu bertahan terhadap panas. Selain itu untuk alat pemotong juga wajib mempunyai sudut geometri dengan jarak bebas.

Dengan hal ini maka akan lebih memungkinkan pemotongan alat bisa dilakukan secara tepat dan menyentuh benda kerja. Alhasil untuk proses metal cutting tools bisa dilakukan secara tepat dan efisien. Pada biasanya faktor yang paling penting lainnya ketika menggunakan alat pemotong yaitu pada bagian lebar seruling, permukaan pemotongan, jumlah seruling dan gigi.

Fitur yang dimiliki Metal Cutting Tool

Supaya proses pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan efisien, maka hal penting yang harus diperhatikan yaitu dari segi fitur yang dimiliki oleh alat tersebut. Salah satunya yaitu fitur yang terdapat pada metal cutting. Metal cutting akan dikatakan baik dan berkualitas apabila mempunyai fitur seperti berikut:

  • Memiliki ketangguhan yang bagus, karena dengan ketangguhan inilah yang menjadikan alat tidak mudah retak atau tidak mudah mengalami kerusakan.
  • Memiliki tingkat kekerasan atau karakteristik kekerasan yang baik. Tujuannya yaitu supaya alat bisa menahan panas yang akan dihasilkan ketika proses pemotongan logam dilakukan.
  • Menggunakan  resistensi supaya alat yang digunakan dapat mempunyai masa kerja lebih panjang. Dengan hal ini maka akan lebih menghemat biaya pengeluaran juga.

Untuk kecepatan dari alat pemotong bisa dijalankan dan perlu untuk dioptimalkan. Dengan hal ini maka alat bisa mempunyai masa kerja lebih awet dan panjang. Di dalam metode pemotongan logam menggunakan metal cutting tools. Ada 2 tahapan yaitu berdasarkan pada kondisi pemotongan dan tujuan pemotongannya diantaranya seperti berikut:

  1. Pemotongan kasar

Untuk proses pemotongan kasar ini memiliki tujuan supaya dapat menghilangkan pada sejumlah besar dari bahan benda kerja. Hal ini memiliki tujuan supaya bisa menghasilkan bentuk yang mirip pada bentuk sesuai yang diinginkan. Akan tetapi pada beberapa bahan hanya tertinggal pada potongan sebagai operasi finishing berikutnya saja.

  • Pemotongan akhir 

Proses pemotongan akhir dilakukan supaya bisa menyelesaikan benda kerja pada toleransi dimensi maupun penyelesaian permukaan yang tepat sesuai kebutuhan dari benda kerja. Ketika pekerjaan pemesinan produksi berlangsung, maka pada biasanya pemotongan routing akan dilakukan 1 atau bahkan lebih pada benda kerja. Cara ini dilakukan pada 1 maupun 2 pemotongan finishing.

Pada saat operasi pemesinan bagian fluida, pemotongan pada biasanya akan digunakan sebagai pelumas dan pendingin. Untuk alat pemotong metal cutting tools sementara fluida pemotongan bisa dilakukan, bisa juga tidak dilakukan. Untuk jenis fluida pemotongan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini pun dipengaruhi pada jenis maupun cakupan dari kondisi pemotongan. 

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa hingga saat ini pemotongan logam memang sangat populer. Misalnya saja seperti pemotongan zat air yang selalu melibatkan penggunaan air dengan tekanan lebih dari 620 mpa.

sumber : gofir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *