Cara Membersihkan Ruang Hardisk Komputer Menjadi Lega

Tak bisa dipungkiri bahwasanya penggunaan komputer oleh kita sendiri setiap hari terus berjalan. Hal yang perlu diketahui, kondisi ini membuat ruang penyimpanan pada hardisk komputer menjadi bertambah. Kabar buruknya banyak orang yangtidak tahu. Terlebih bagi yang suka menyimpan file-file video, musik, software dan lainnya. 

Bagi yang memiliki ruang penyimpanan hardisk yang besar bisa jadi tidak masalah, namun bila hanya memiliki ruang harddisk yang terbatas ini bisa berbahaya. 

Ada 2 solusi yang bisa dilakukan: 

Upgrade hardisk 

Meng-upgrade salah satu cara yang sangat bisa dilakukan. Syarat mengupgrade sendiri adalah hd harus memiliki kapasitas yang lebih besar. Misalkan dari awalnya 80 gb kemudian di-upgrade menjadi 500gb. 

Menghapus file 

Cara ini bisa digunakan apabila masih tetap menggunakan hardisk yang ada. Yakni dengan membersihkan hardisk yang ada pada komputer. Lalu caranya bagaimana?? 

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan ruang hardisk komputer yang dimiliki saat ini. Setelah membaca dari website servicekomputerpanggilantangerang.com, ada beberapa poin yang bisa di tulis kembali di sini, seperti:

Delete Windows versi sebelum 

Saat meng-upgrate sistem operasi windows ke versi terbaru, contohnya saja dari windows 8 ke Windows 10 biasanya akan ada data – data yang tidak terhapus. Tujuan adanya ini adalah digunakan sebagai backup data kalau saja ingin mengembalikan ke Windows sebelumnya. Kondisi ini akan mengambil space yang lumayan besar di ruang penyimpanan harddisk komputer tersebut. Sehingga bila memang back up tersebut sudah tidak digunakan lagi ada baiknya dihapus permanen saja. 

Untuk proses menghapusnya sendiri bisa dibaca pada panduan di bawah ini : 

Cari ke bagian setting 

Selanjutnya kebagian sistem lalu ke storage 

Klik pada ada bagian driver. Disana akan tertampil beberapa kategori yang isinya menampilkan tempat penyimpanan datanya

Cari bagian Previous Version of Windows, setelah menemukan file mana yang ingin dihapus maka tinggi diremove file saja

Delete cache 

Setiap aktivitas yang kita lakukan ketika menggunakan komputer akan menghasilkan sebuah cache. Yang berarti ke sini ada sebuah salinan file dari kegiatan yang kita lakukan sebelumnya. Manfaat dari cache ini akan sangat membantu sekali mempercepat loading sebuah aplikasi yang sebelumnya terpakai. Namun bila terlalu banyak cache yang ada malahan akan membuat ruang penyimpanan hardisk semakin bertambah. Untuk itu agar kapasitas hardisk tetap terjaga adakalanya untuk menghapus cachenya. 

Lalu Bagaimana sih untuk menghapus cache tersebut?? 

Klik menu kemudian pilih ke bagian service. Bila sudah ketemu maka pilih Run as administrator dengan mengklik kanan terlebih dahulu. Di sana nanti akan ada tampilan dan menemukan sebuah kolom Windows update. Setelah itu klik Kanan lalu pilih stop. 

Setelah melakukan itu tahap selanjutnya adalah dengan menghapus file cachenya. Untuk caranya adalah klik start atau menu lalu ketikan di Kolom pencarian dengan Windows + R lalu enter. Tidak akan lama akan keluar sebuah bagian dan ketikkan perintah C:\Windows\SoftwareDistribution\ kemudian tekan enter. Setelah itu akan tertampil sebuah folder yang terdapat banyak file-file cache. Delete semua file yang ada. 

Delete memakai Disk Clean Up 

Untuk menghapus file-file yang tidak terlihat oleh mata kita yang artinya tersembunyi pada sistem terlebih pada drive c, maka bisa menggunakan sebuah aplikasi yang namanya di clean up. Fitur ini merupakan bawaan dari windows sendiri.

Untuk melakukannya sangat mudah sekali, seperti: 

Pilih drive yang akan dibersihkan. Kemudian klik pada drive tersebut selanjutnya Klik Kanan pilih properties. Setelah itu arahkan kursor ke bagian general dan di sana ada bagian namanya disk clean up, klik pada bagian itu. Tunggu beberapa saat akan ada file – file sampah yang ada. Centang semua file-file yang menurut anda tidak berguna kemudian tinggal dipilih saja.

Mudah bukan? Namun bila anda bingung melakukannya terlebih takut bila nanti terjadi apa – apa dengan komputernya, maka ada baiknya untuk menghubungi orang yang berpengalaman seperti service komputer di jakarta. Yang bisa di cari melalui google. Temukan yang menurut anda ini bagus dan berpengalaman. Pastinya jangan tergiur dengan harga murah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *