Jenis Jenis Minyak Atsiri Beserta Manfaatnya

Hai semua! Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang Jenis Jenis Minyak Atsiri. Untuk penjelasan selengkapnya, Yuk simak terus artikel berikut ini!

Penjelasan Singkat

jenis jenis minyak atsiri
Tea tree essential oil in a small bottle. Selective focus. nature.

Minyak atsiri adalah minyak yang berasal dari tanaman herbal atau tanaman bunga yang memiliki beragam manfaat atau khasiat. Minyak atsiri diperoleh dari proses penyulingan tanaman yang menggunakan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Bagian tanaman yang dapat diolah menjadi minyak yaitu akar, kulit, helai mahkota bunga.

Minyak atsiri yang digunakan dalam aromaterapi berdampak pada hipotalamus. Hipotalamus tersebut meresponnya dengan memproduksi senyawa kimiawi seperti serontonin.

Jenis Jenis Minyak Atsiri Beserta Manfaatnya

jenis jenis minyak atsiri

Lemon

Buah lemon di kenal memiliki beragam manfaat dalam bidang kecantikkan dan Kesehatan tak terlepas dari kandungan minyak atsirinya. Minyak atsiri lemon memiliki kandungan yang terletak pada bagian daunnya.

Senyawa limonene adalah omponen penting yang terdapat pada minyak atsiri lemon karena bersifat anti bakteri dan anti jamur. Senyawa ini bekerja untuk membantu merusak dinding sel jamur sehingga jamur mati. Dan sehingga membuat lemon banyak digunakan sebagai obat alami penghilang jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Selain itu, minyak lemon mengandung antioksidan yang cukup tinggi ( flavonoid, tannin, terpenoid, karotenoid, dsb ) sehingga membuat lemon sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Aroma minyak lemon membantu menghilangkan mual.

Lavender

Minyak atsiri lavender sudah dikenal oleh masyarakat Mesir sejak 2.500 tahun yang lalu. Menurut peneliti China menyebutkan bahwa minyak lavender dapat menstimulasi 3 jenis enzim antioksidan paling kuat yang ada di dalam tubuh seperti catalase, glutathione, dan SOD. Dengan Mendisfusikan minyak lavender ke dalam tubuh di yakini dapat melindungi sel dari kerusakan akibat sel kanker.

Selain itu, minyak lavender juga memiliki fungsi pengobatan neurologis. Mengatasi masalah seperti stress, migrain, cemas, depresi dan sejenisnya. Selain itu, minyak lavender juga dapat digunakan untuk pengobatan luar seperti luka bakar. Lavender mengandung asam askorbat yang tinggi diprediksi menjadi potensi yang menjanjikan dapat digunakan sebagai obat diabetes.

Kunyit

jenis jenis minyak atsiri
15163126 – essential oil and lavender flowers

Kunyit dikenal karena dengan manfaat curcuminnya yang memiliki kandungan minyak atsiri sebesar 2,5 %. Minyak kunyit memiliki senyawa seskuiterpen dan turunan dari fenilpropana tumeron. Kegunaan minyak atsiri kunyit dapat dijadikan sebagai stimulant obat keseleo, reumatik, atau memar pada kulit.

Selain itu, curcumin pada tanaman ini mempunyai sifat analgesic, antiedemik, antelmintik, dan anti hepatotoksik. Minyak atsiri kunyit mampu meredakan Gerakan usus sehingga sangat baik digunakan untuk obat diare. Selain itu juga dapat digunakan untuk obat kejang dan obat batuk.

Kenanga

Minyak komponen tersusun dari beberapa komponen senyawa penting yaitu caryophyllene, â-linalool, á-caryophyllene, germacrene, dan benzyl benzoate. Minyak ini dapat dikatakan memiliki kualitas yang bagus jika kandungan ester dan eternya paling tinggi, biasanya ditemukan pada bunga berwarna kuning tua.

Aroma yang dimiliki oleh minyak atsiri kenanga sangat baik digunakan sebagai antidepresan, yakni mengatasi pusing, stress, depresi, dan lain sebagainya. Selain itu, minyak kenanga memiliki kandungan antioksidan yang banyak di manfaatkan untuk perawatan kulit serta membantu perawatan rambut.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih atau cajuput memiliki kandungan senyawa utama sineol yang digunakan untuk kebutuhan industry farmasi dan kecantikan. Kadar senyawa sineol mencapai hingga 65%.

Jika tumbuhan kayu putih di tanam di dataran rendah, maka akan memiliki kadar senyawa sineol yang rendah juga sehingga nilai ekonomisnya menjadi rendah. Minyak atsiri kayu putih bersifat antimikroba, dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, minyak kayu putih juga sangat baik untuk membantu masalah pernafasan dan membantu mengeluarkan mucus.

Jahe

Minyak atsiri pada jahe terbetuk karena disebabkan oleh 2 komponen senyawa utama yaitu zingiberen dan zingiberol. Kedua senyawa ini yang mengeluarkan aroma khas pada jahe. Selain itu, rasa pedas pada jahe di sebaban oleh kandungan senyawa yang bernama oleoresin.

Minyak atsiri jahe banyak dimanfaatkan dalam industry farmasi, minuman dan wangi wanigan. Secara spesifik, minyak atsiri jahe dapat membantu mengatasi masalah radang sendi, diare, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi batu, dan lain sebagainya.

Aroma khas pada jahe ditimbulkan oleh senyawa zingiberene dan zingiberol dapat digunakan untuk mengatasi mual. Bagi kalian yang baru saja menalani operasi perut, kamu dpaat menghilangkan rasa mualnya dengan dibantu mengonsumsi jahe.

Selain itu, mengonsumsi minyak atsiri jahe efektif dalam meredakan sakit kepala yang diiringi mual. Jika kamu ingin mengonsumsi minyak jahe dalam konsetrat tinggi, kamu disarankan untuk melarutkannya terlebih dahulu menggunakan minyak carrier. Minyak carrier tersebut terdiri dari minyak kelapa, jojoba oil atau minyak almond.

Sereh wangi

jenis jenis minyak atsiri

Minyak atsiri sereh wangi dalam dunia perdagangan di kenal dengan istilah citronella oil. Minyak sereh wangi mengandung beberapa senyawa penting diantaranya yaitu geraniol, citronellol, geraniol asetat, citronella asetat, sitronelal, seskuiterpen, dan lain sebagainya. Salah satu manfaat penting dari senyawa tersebut adalah bersifat anti radang dan anti nyeri.

Bagi penderita diabetes tidak dianjurkan menggunakan minyak sereh wangi ini, karena sifat senyawanya yang kontradiktif dengan obat obat diabetes. Selain untuk penderita diabetes, minyak ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi dengan usia di bawah 2 tahun.

Minyak ini cukup menguntungkan karena penanamannya cukup mudah. Dalam dunia industry, minyak sereh ini banyak digunakan untuk komponen disinfektan, pewangi sabun, pestisida nabati, bahan peningkat oktan BBM, bahan pengkilap, dan lain sebagainya.

Cengkeh

Minyak atsiri cengkeh dapat di ambil dari bunganya, daun, atau tangkainya. Minyak cengkeh ini memiliki senyawa utama yaitu eugenol yang bersifat antiseptic yang dapat digunakan sebagai bahan anestesi local. Senyawa eugenol inilah yang menyebabkan rasa oedas dan aroma khas pada cengkeh.

Eugenol jika di kombinasikan dengan seng oksida akan menghasilkan senyawa seng oksida eugenol yang banyak digunakan dalam bidang kedokteran gigi. Senyawa turunan dari eugenol dapat digunakan untuk analgesic, antiseptic, penyerap UV, dan biosida.

Manfaat lain dari senyawa eugenol ini yaitu dapat digunakan untuk membunuh sel kanker yang terdapat dalam kolon manusia menggunakan system in vitro. Walaupun manfaatnya cukup tinggi, mengonsumsi senyawa eugenol dengan berlebihan dapat menyebabkan efek samping hepatotoksik atau keracunan pada hati. Kamu mingkin dapat mengalami gejala pusing, mual, pingsan, kejang dan diare.

Cendana

Minyak atsiri cendana terbilang memiliki harga yang sangat mahal. Minyak atsiri cendana yang diambil dari bagian kulit luarnya mengandung senyawa santalol, santalin, asetat, serta hidrokarbon jenis santalena.

Selain itu, minyak ini juga mengandung asam seskuiterpen, serta zat warna santalin dan santa rubin. Senyawa santalol pada minyak cendana ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Katanya, jumlahnya harus lebih dari 90% supaya laku di pasaran. Semakin kecil kandungan senyawa santalol maka nilai ekonomisnya juga akan kecil karena aroma yang dihasilkan tidak kuat.

Jenis kayu cendana yang dijadikan sebagai sumber minyak atsiri yaitu cendana merah dan cendana putih. Cendana putih memiliki aroma yang lebih harum, sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi di pasaran disbanding dengan cendana merah.

Minyak atsiri cendana banyak digunakan untuk bahan campuran dalam parfum, minyak aromaterapi serta dupa yang dapat digunakan untuk menyimpan jenazah selama berabad abad. Sebagian orang menggunakan minyak cendana untuk obat alternatif yang dapat membawa ketenangan pikiran serta menghilangkan kecemasan.

Kayu manis

jenis jenis minyak atsiri

Minyak kayu manis mengandung 3 senyawa utama yaitu sinamaldehid, eugenol, dan kumarin. Senyawa eugenol memiliki sifat sebagai anti mikroba dan antioksidan. Selain digunakan sebagai rempah rempah, minyak kayu manis juga dapat digunakan dalam industry farmasi, makanan dan minuman serta industry rokok.

Dalam tradisi pengobatan china, minyak kayu manis ini digunakan untuk mengatasi masuk angin, demam, serta flu. Minyak kayu manis menimbulkan rasa hangat yang menjadikan tubuh mnjadi lebih nyaman dan dapat meredakan beberapa jeni penyakit tersebut. Kandungan antioksidan polifenol yang tinggi dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengikat radikal bebas yang menyerang sel tubuh.

Tea tree

Bagi kamu yang sedang memiliki masalah pada kulit seperti iritasi kulit atau jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak atsiri untuk mengatasi berbagai gangguan kulit tersebut. Gunakan minyak atsiri tea tree untuk mengatasi infeksi kulit.

Bahkan minyak ini sangat terkenal karena digunakan sebagai bahan utama dalam perawatan wajah yang berjerawat. Hal ini dikarenakan minyak atsiri tea tree ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptic.

Peppermint

Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut. Cara pemakaiannya yaitu hanya mengoleskan minyak peppermint pada perut.

Selain itu, peppermint juga bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan sakit perut.

Selain peppermint oil, minyak atsiri kapulaga juga bisa membantu mengatur pencernaan. Hal ini dikarenakan mengandung sifat antispasmodic dan anti inflamasi yang dapat meredakan kram. Itulah sebabnya mengapa ia sudah lama digunakan untuk menenangkan sakit perut.

Grapefruit (Jeruk Bali)

Mungkin Sebagian besar orang belum banyak yang tahu kalau minyak atsiri jeruk bali mampu membantu kalian yang sedang menjalani program diet. Karena, kandungan didalam minyak jeruk bali mampu menenangkan saraf lambung pemicu rasa lapar, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Basil

Minyak basil sering digunakan untuk meningkatkan konsentrasi serta meredakan beberapa gejala depresi. Selain itu, minyak basil juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan migrain. Perlu digaris bawahi bahwa ibu hamil dilarang menggunakan aromaterapi dari minyak basil.

Bergamot

Minyak bergamot dipercaya bermanfaat untuk saluran kemih dan saluran pencernaan. Jika dicampur dengan minyak kayu putih, minyak bergamot ini berpotensi dalam mengentaskan masalah kulit yang dipicu oleh stress maupun cacar air.

Itulah beberapa Jenis Jenis Minyak Atsiri Beserta Manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua dan dapat menambah pengetahuan.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan, maupun kelebihan dalam penulisan artikel ini. Jika ada kritik dan saran membangun yang ingin kalian sampaikan, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ya sobatku semua!

Terima kasih dan sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *