Tips Memilih Souvenir Untuk Kegiatan Promosi Perusahaan

Beriklan atau melakukan suatu kegiatan promosi, bukan semata melakukan sesuatu yang kreatif dan menarik perhatian calon konsumen saja. Namun, Anda memerlukan strategi khusus yang telah diperhitungkan dengan baik sehingga setiap pilihan dan langkah yang diambil memiliki arah tujuan yang jelas bagi perusahaan. 

Tips paling tepat memilih barang promosi perusahaan

Salah satu strategi untuk menarik konsumen, yaitu dengan menggunakan barang promosi perusahaan yang tepat. Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa barang yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Mulai dari pulpen, tas, flash disk, powerbank, hingga souvenir botol tumbler. 

Lantas, bagaimana cara memilih souvenir yang tepat untuk sarana promosi perusahaan? Berikut tips yang bisa Anda coba terapkan. 

  • Menentukan segmentasi pasar secara spesifik

Sebesar apapun pasar bisnis Anda, pahamilah bahwa tak semua orang bisa jadi konsumen Anda. Pasar yang sedemikian luas dan beragam sudah pasti membutuhkan strategi serta media promosi yang beragam pula. Jika Anda memaksakan diri untuk memasuki semua pasar, maka tenaga dan biaya akan terkuras habis. Bahkan, hasilnya tidak akan maksimal. 

Dengan melakukan segmentasi pasar, maka bisa dikatakan Anda sudah melakukan langkah awal paling tepat. Melalui segmentasi pasar yang jelas dan spesifik, Anda akan lebih mudah dalam menentukan jenis barang promosi perusahaan apa yang tepat sebagai media marketing untuk pasar yang dituju. 

Anda bisa memulai segmentasi ini dengan cara mengelompokkan pasar berdasarkan letak geografis atau wilayahnya, seperti misalnya, Kota A, B, dan seterusnya. Anda juga bisa melakukan segmentasi berdasarkan demografis, seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, golongan ekonomi, dan sebagainya. 

Contoh paling sederhana, apabila Anda mengambil segmentasi karyawan yang berkutat dengan kegiatan kantor, maka barang promosi perusahaan yang bisa dipilih seperti pulpen atau souvenir botol tumbler. 

  • Paham akan insight dari target market yang dituju

Sederhananya, insight bisa dipahami dari keinginan, kebutuhan, ketakutan atau kegelisahan yang dirasakan konsumen terhadap suatu hal. Dengan mengetahui hal tersebut, brand bisa hadir dan jadi solusi terbaik bagi mereka. 

Lalu, apa keterkaitan insight dengan pemilihan barang promosi perusahaan? Jawabannya cukup simple. Dengan mengetahui insight yang dimiliki oleh konsumen, maka Anda bisa memilih souvenir yang tepat sekaligus bermanfaat. 

  • Mengetahui perilaku konsumen secara detail

Setelah Anda melakukan segmentasi pasar dan juga insight, selanjutnya adalah mengetahui perilaku konsumen atau behaviour mereka dalam segmen tersebut. Apa kegiatan mereka sehari-hari, seperti apa mereka merespon suatu hal, apa yang pertama kali mereka lakukan ketika pulang ke rumah, dan lain sebagainya. 

Semakin spesifik dan jelas Anda memahami perilaku konsumen, maka Anda akan semakin mudah menentukan barang apa yang tepat untuk dijadikan souvenir gratis bagi mereka. 

  • Membuat daftar barang yang menjadi point of contact

Mungkin istilah satu ini masih terdengar asing di telinga Anda. Point of Contact merupakan sebuah titik komunikasi yang disentuh oleh konsumen, mulai membuka mata di pagi hari hingga kembali istirahat di malam hari. Singkatnya, barang-barang yang ditemukan dan digunakan oleh konsumen dalam kehidupan mereka sehari-hari.  

Apabila Anda memahami perilaku konsumen dengan jelas, tentu Anda pun semakin mudah mengetahui benda apa saja yang dekat dan melekat dalam kehidupan mereka. Nah, benda-benda inilah yang kemudian memiliki potensi besar untuk menjadi media promosi. Dengan demikian, brand perusahaan Anda bisa hadir dalam kehidupan setiap konsumen. 

  • Memanfaatkan tren yang beredar di masyarakat

Poin berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih souvenir untuk kegiatan promosi perusahaan adalah tren yang sedang beredar di masyarakat. Salah satu keuntungan yang diperoleh melalui cara ini yaitu, souvenir yang diberikan pasti diterima dengan senang hati dan digunakan dengan bangga oleh konsumen. 

Misalnya, souvenir botol tumbler yang beberapa waktu belakangan sangat tren di kalangan masyarakat urban seiring berkembangnya gaya hidup. Ada juga souvenir flash disk dan powerbank yang juga sangat dibutuhkan sehingga sering dibawa ke mana saja oleh para pengguna gadget. 

Selain itu, dengan mengikuti perkembangan tren masa kini, Anda juga bisa menghindari keputusan atau pemilihan benda yang dianggap sudah tidak digemari lagi. Jadi, meskipun benda tersebut menjadi point of contact konsumen, tapi sudah tidak jadi tren, sebaiknya ganti dengan benda lain. Pasalnya, benda seperti ini tidak akan lagi mampu menarik perhatian konsumen tersebut. 

Demikian beberapa tips cerdas dalam memilih souvenir sebagai media promosi yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang merancang strategi marketing dengan cara membagikan barang promosi perusahaan untuk konsumen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *